Fatoni, Rohmat. 2016. 'Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Pada Mata Pelajaran KKPI Di SMK N 1 Wonogiri'. Skripsi. Universitas Negeri Semarang


Vina Rohmatul Umah , 3301415033 (2019) Fatoni, Rohmat. 2016. 'Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Pada Mata Pelajaran KKPI Di SMK N 1 Wonogiri'. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3301415033maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Reformasi bangsa Indonesia 1998 telah membawa perubahan baru bagi sistem politik Indonesia. Salah satunya adalah dijaminnya hak asasi perempuan untuk dapat berpartisipasi dalam bidang politik. Kendati demikian, partisipasi politik perempuan di Indonesia masih rendah karena berbagai macam faktor seperti budaya patriarki dan stereotip. Partisipasi politik perempuan dapat ditingkatkan melalui suatu lembaga yang disebut partai politik. Berdasarkan data DPRD Kabupaten Wonosobo, hanya terdapat 3 perempuan dari total 42 anggota DPRD Kabupaten Wonosobo tahun 2014-2019. Adapun 2 diantaranya berasal dari Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kabupaten Wonosobo. Oleh karena itu tujuan dilakukannya penelitian ini antara lain: 1) Bagaimana partisipasi politik kader perempuan Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kabupaten Wonosobo, 2) Apa saja faktor yang mempengaruhi tingkat partisipasi politik kader perempuan Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data dengan menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan meliputi mengolah dan mempersiapkan seluruh data, membaca keseluruhan data, coding semua data, menetapkan proses coding, menghubungkan tema / deskripsi, dan terakhir Interpretasi makna tema / deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi politik kader perempuan Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kabupaten Wonosobo dilihat dari kegiatan pemilihan dan kegiatan organisasi sangat baik. Sedangkan untuk partisipasi politik dilihat dari lobbying dan mencari koneksi, kader perempuan belum banyak berpartisipasi dalam hal tersebut karena faktor kurangnya kemampuan dan pengalaman. Adapun faktor yang mempengaruhi tingkat partisipasi politik kader perempuan meliputi penerimaan rangsangan politik dan sistem politik dan partai politik setempat. Sedangkan karakteristik sosial dan kondisi lingkungan dan tempat tinggal bukanlah faktor yang berpengaruh terhadap partisipasi politik kader perempuan. Saran yang diberikan berdasar penelitian ini yaitu kader perempuan Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kabupaten Wonosobo diharapkan mampu untuk meningkatkan kemampuannya dalam melakukan lobbying dan mencari koneksi sehingga dapat memberikan peran dan pengaruh lebih dalam mencapai suatu tujuan politik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Politik, Kader Perempuan, dan Partai Nasional Demokrat (NasDem)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 26 Dec 2019 18:50
Last Modified: 26 Dec 2019 18:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33990

Actions (login required)

View Item View Item