PENGEMBANGAN MEDIA KUIS INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH DALAM PEMBELAJARAN PPKn


Ria Ayuningtyas , 3301415035 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA KUIS INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH DALAM PEMBELAJARAN PPKn. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3301415035maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya peserta didik dalam memahami dan memperhatikan penjelasan guru. Hal ini disebabkan oleh kurang dimaksimalkannya media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran dan masih berpusat pada guru. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini berupaya mengembangkan media pembelajaran kuis interaktif berbasis Adobe Flash. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menganalisis kebutuhan guru dan peserta didik terhadap pengembangan media, (2) mengetahui desain media yang dikembangkan, (3) mengetahui kelayakan produk dan saran perbaikan dari ahli media dan ahli materi terhadap pengembangan media. Penelitian ini menggunakan metode research dan development (R&D) dalam pengembangan produk media kuis interaktif. Tahapan penelitian yang dilakukan pada penelitian hanya sampai pada tahap lima dari sepuluh tahap, mulai dari mencari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain dan revisi desain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) guru dan peserta didik menghendaki adanya pengembangan media dengan beberapa komponen yaitu yang dapat mendukung pembelajaran aktif, memuat materi dan soal yang sesuai KD, sesuai dengan kebutuhan peserta didik untuk belajar, mudah di gunakan oleh guru dan peserta didik, (2) desain media kuis interaktif terdiri dari menu petunjuk, menu kompetensi dan indikator, menu materi, menu kuis evaluasi, menu kuis tebak kartu, serta menu kredit yang berisi identitas penyusun media, (3) Hasil kelayakan produk mendapatkan nilai rata-rata 81,1 dengan katagori layak/ sesuai oleh ahli media dan mendapatkan nilai 86,6 dengan katagori sangat layak/ sangat sesuai oleh ahli materi. Adapun saran dan masukan perbaikan yaitu penambahan tombol navigasi khusus pada media, penambahan menu kredit penyusun media, penambahan petunjuk mengerjakan untuk kuis evaluasi dan kuis tebak kartu, tombol keluar dibuatkan ikon tersendiri, penambahan kasus dan penyelesaian materi yang HOTS. Saran yang dapat diberikan adalah (1) kepada sekolah diharapkan melengkapi serta memperbaiki fasilitas sekolah untuk mendukung pembelajaran di kelas, (2) kepada guru diharapkan memanfaatkan media kuis interaktif berbasis Adobe Flash sebagai media pembelajaran untuk menunjang pembelajaran, dan (3) kepada peserta didik untuk memanfaatkan media agar meningkatkan motivasi dan prestasi di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Kuis Interaktif , Adobe Flash, Pembelajaran PPKn
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 26 Dec 2019 18:43
Last Modified: 26 Dec 2019 18:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33987

Actions (login required)

View Item View Item