TUGAS DAN FUNGSI MUSEUM JAWA TENGAH RANGGAWARSITA SEBAGAI LEMBAGA PELESTARIAN BENDA SEJARAH DAN BUDAYA BANGSA TAHUN 1983-2006


DENI , 3111414029 (2019) TUGAS DAN FUNGSI MUSEUM JAWA TENGAH RANGGAWARSITA SEBAGAI LEMBAGA PELESTARIAN BENDA SEJARAH DAN BUDAYA BANGSA TAHUN 1983-2006. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3111414029maria.pdf]
Preview
PDF - Updated Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Secara umum museum merupakan lembaga, tempat penyimpanan, perawatan, pengamanan dan pemanfaatan benda-benda bukti materiil hasil budaya manusia serta alam dan lingkungannya guna menunjang upaya perlindungan dan pelestarian kekayaan budaya bangsa. Museum Jawa Tengah Ranggawarsita merupakan tempat pelestarian benda-benda bersejarah, untuk mewujudkan museum sebagai lembaga yang bermanfaat bagi sarana studi, membantu proses pembelajaran, dan tempat rekreasi kebudayaan, maka kegiatan yang mengarah pada tujuan terbentuknya manusia yang berwawasan budaya yang tinggi adalah kegiatan yang bersifat edukatif kultural. Selain itu, sebagai lembaga pelestarian budaya museum juga harus mampu menciptakan kegiatan pelestarian dan pengamanan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Koleksi Museum Jawa Tengah Ranggawarsita Tahun 1983-2006 (2) Bagaimana Tugas dan Fungsi Museum Jawa Tengah Ranggawarita Sebagai Lembaga Pelestarian benda Sejarah dan Budaya Bangsa Tahun 1983-2006. Tujuan dari penelitian ini antara lain Untuk mengetahui (1) Bagaimana Koleksi Museum Jawa Tengah Ranggawarsita Tahun 1983-2006 (2) Bagaimana Tugas dan Fungsi Museum Jawa Tengah Ranggawarsita Sebagai Lembaga Pelestarian Benda Sejarah dan budaya bangsa Tahun 1983-2006. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode peneitian sejarah yaitu heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan data yang berupa data tertulis dan dokumen berupa foto, arsip, dan sumber lisan dari hasil wawancara. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa museum Jawa Tengah Ranggawarsita merupakan museum umum yang memiliki berbagai macam jenis koleksi yang memuat keanekaragamaan kebudayaan dan ciri khas setiap daerah. yang bertugas melakukan pengadaan atau mengumpulkan benda-benda Koleksi, untuk di rawat dan diteliti serta mengkomunikasikannya melalui pameran hasil budaya manusia dan lingkungannya untuk kepentingan studi, pendidikan, dan rekreasi. Serta bertugas menyelenggarakan kegiatan - kegiatan budaya, baik dalam bentuk pelestarian maupun dalam bentuk pengembangan budaya, seperti ceramah, workshop, seminar, lomba, sayembara, festival, dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tugas, Fungsi, Museum Jawa Tengah Ranggawarsita
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 27 Dec 2019 01:36
Last Modified: 27 Dec 2019 01:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33986

Actions (login required)

View Item View Item