PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN SISWA PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA (PENELITIAN DI SMP NEGERI 2 BANJARNEGARA)


ANGGUN PERMATA PUTRI , 3301415031 (2019) PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN SISWA PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA (PENELITIAN DI SMP NEGERI 2 BANJARNEGARA). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3301415031maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembinaan karakter disiplin adalah upaya membina atau membentuk karakter siswa agar siswa dapat disiplin untuk menjalankan kepribadian yang baik terhadap lingkungannya, salah satunya melalui kegiatan ekstrakurikuler. SMP Negeri 2 Banjarnegara merupakan salah satu sekolah yang menyelenggarakan Pembinaan Karakter Disiplin Siswa Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Kegiatan ekstrakurikuler pramuka tidak hanya kegiatan untuk menanamkan sikap sosial yang tinggi tetapi juga menanamkan karakter disiplin untuk para siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka, pembinaan karakter disiplin siswa pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka, dan faktor-faktor yang menunjang dan menghambat pembinaan karakter disiplin siswa pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMP Negeri 2 Banjarnegara. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Banjarnegara menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data dilakukan dengan triangulasi, dan teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data hingga penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, dibimbing oleh Pembina pramuka dan dewan penggalang. Kegiatan ekstrakurikuler pramuka secara umum mengacu pada buku panduan tentang kepramukaan dan SKU (Syarat Kecakapan Umum). Dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka siswa dilatih seperti kegiatan baris-berbaris (PBB), semaphore, morse, menaksir, senam pramuka, P3K, dan tali temali. Pembinaan karakter disiplin siswa pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka dilaksanakan dengan menetapkan beberapa peraturan yang harus ditaati oleh siswa. Untuk siswa yang tidak menaati peraturan akan diberikan hukuman, pemberian hukuman tidak berbentuk hukuman fisik tetapi hukuman yang bersifat mengedukasi siswa. Faktor menunjang pembinaan karakter disiplin siswa yaitu sikap pembina mendidik dan menumbuhkan nilai disiplin siswa dengan pengetahuan dan penggalaman yang dimiliki oleh pembina pramuka, dukungan pihak sekolah yang memberikan sarana dan prasarana, kesadaran siswa untuk mengikuti ekstrakurikuler pramuka, orang tua yang memberikan ijin untuk mengikuti ekstrakurikuler pramuka dan masyarakat sekitar. Faktor menghambat pembinaan karakter disiplin siswa yaitu ketidakhadiran siswa karena alasan sakit, atau adanya kegiatan organisasi lainnya. Selain itu pengaruh teman juga dapat mempengaruhi siswa, karena adanya ajakan teman untuk membolos kegiatan ekstrakulikuler pramuka. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Karakter, Disiplin, Ekstrakurikuler Pramuka
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 26 Dec 2019 18:30
Last Modified: 26 Dec 2019 18:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33983

Actions (login required)

View Item View Item