PERANAN PONDOK PESANTREN SYAFI’IYYAH SALAFIYYAH TERHADAP MASYARAKAT DI KECAMATAN KANGKUNG KABUPATEN KENDAL TAHUN 1983-2010


M. Aris Wahyudin , 3111414027 (2019) PERANAN PONDOK PESANTREN SYAFI’IYYAH SALAFIYYAH TERHADAP MASYARAKAT DI KECAMATAN KANGKUNG KABUPATEN KENDAL TAHUN 1983-2010. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3111414027maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pondok Pesantren Syafi‟iyyah Salafiyyah yang berada di Desa Gebanganom Wetan Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal merupakan pesantren yang didirikan oleh Kiai Samer pada tahun 1982/1983. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji (1) Bagaimana Sejarah terbentuknya Pondok Pesantren Syafi‟iyyah Salafiyah?; (2) Bagaimana Peran Pondok Pesantren Syafi‟iyyah Salafiyah dalam kehidupan masyarakat Kecamatan Kangkung?; (3) Sejauhmana Keberadaan Pondok Pesantren Syafi‟iyyah Salafiyyah membawa dampak perubahan sosial dalam kehidupan masyarakat Kecamatan Kangkung?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahap yaitu : yang pertama heuristik atau tahap mengumpulkan sumber, Teknik pengambilan sumber dilakukan melalui beberapa cara yaitu : wawancara, studi dokumen / arsip, dan studi pustaka. Kedua adalah kritik sumber atau verifikasi keabsahan dari sumber-sumber yang telah didapatkan. Ketiga adalah interpretasi atau menafsirkan fakta-fakta dari sumber yang telah diperoleh dan dikritik. Terakhir adalah historiografi. Ruang lingkup penelitian ini terdiri dari dua yaitu ruang lingkup spasial (Kecamatan Kangkung) dan ruang lingkup temporal (pada tahun 1983-2010). Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa Pondok pesantren yang didirikannya juga memiliki peran di masyarakat dalam bidang sosial agama dengan menggelar pengajian bagi masyarakat sekitar, dalam bidang sosial pendidikan menyelenggarakan pendidikan diniyyah wustho. Sedangkan Kiai Samer selaku pendiri Pondok Pesantren Syafi‟iyyah Salafiyyah memiliki peran ketika menjabat sebagai Rais Syuriah pada tahun 1992 seperti mengeluarkan program kegiatan mujalasah, haul sesepuh serta halalbihalal warga NU, pencetus pendirian SMA, dan menjadi deklarator partai PKB di Kecamatan Kangkung. Selain Kiai Samer, Peran yang dilakukan oleh Kiai Samer dan pesantrennya juga membawa dampak pada perubahan sosial yang terjadi di tengah masyarakat Kecamatan Kangkung. Perubahan-perubahan tersebut dapat dilihat dalam beberapa bidang yaitu bidang sosial agama masyarakat sekitar, dalam bidang sosial dan dalam bidang sosial politik. Saran, Pondok Pesantrean Syafi‟iyyah Salafiyyah perlu juga berperan dalam bidang sosial ekonomi masyarakat, sehingga tidak hanya berperan dalam bidang sosial agama, pendidikan, dan politik saja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Masyarakat, Peran, Pesantren.
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 27 Dec 2019 01:24
Last Modified: 27 Dec 2019 01:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33980

Actions (login required)

View Item View Item