PERAN DINAS KEPEMUDAAN, OLAHRAGA, DAN PARIWISATA DALAM PENGELOLAAN OBYEK WISATA CURUG SEWU UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KABUPATEN KENDAL


Radika Ayu Erriawati, 3301415008 (2019) PERAN DINAS KEPEMUDAAN, OLAHRAGA, DAN PARIWISATA DALAM PENGELOLAAN OBYEK WISATA CURUG SEWU UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3301415008maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Obyek wisata Curug Sewu memiliki potensi yang besar sebagai menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Kendal, tetapi pada kenyataannya masih dihadapkan dengan berbagai kendala. Pengelolaan yang belum maksimal karena obyek wisata ini masih dikelola oleh dua instansi yang berbeda yaitu Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata dan KPH Perhutani yang menyebabkan kurangnya promosi yang dilakukan, sarana dan prasarana yang tersedia masih belum mengakomodir semua kepentingan wisatawan, dan fasilitas-penunjang masih belum dirawat dengan baik. Disisi lain juga kurangnya tingkat kesadaran wisatawan dalam menjaga kebersihan lingkungan. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui kegiatan yang dilakukan Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata dalam pengelolaan obyek wisata Curug Sewu untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Kendal, dan mengidentifikasi faktor apa saja yang menjadi penghambat Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata dalam pengelolaan obyek wisata Curug Sewu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian di Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Kendal dan Obyek wisata Curug Sewu. Subjek dalam penelitian ini adalah Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata, Pengelola obyek wisata Curug Sewu, pedagang dan wisatawan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi sumber. Teknik pengumpulan data reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Kendal yaitu melakukan pembinaan kepada pegawai, pengelola,dan pemandu wisata, melakukan sosialisasi, dan mempromosikan obyek wisata Curug Sewu. Pengelolaan dilakukan mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi. Faktor penghambat secara internal terdiri dari faktor sumber daya manusia (SDM) dan faktor anggaran. Faktor eksternal terdiri dari faktor alam, faktor lokasi, faktor fasilitas, dan faktor promosi. Saran kepada Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Kendal yaitu; perlu dilakukan upaya untuk mengatasi permasalahan profesionalisme SDM dengan cara mengusulkan penerimaan pegawai yang memiliki latar pendidikan dan pengalaman di bidang pariwisata, menyediakan pawang untuk menangani kera-kera liar yang ada di obyek wisata Curug Sewu, memperbanyak akses informasi yang dapat mendukung promosi, dan lebih memperhatikan fasilitas-fasilitas yang ada di obyek wisata Curug Sewu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan, Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata, Pengelolaan, Obyek Wisata Curug Sewu,Pendapatan Asli Daerah.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 26 Dec 2019 17:57
Last Modified: 26 Dec 2019 17:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33972

Actions (login required)

View Item View Item