PERAN PEMBERDAYAAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) DALAM MENINGKATKAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI DESA CEPIRING KECAMATAN CEPIRING KABUPATEN KENDAL


Vikka Yunitasari , 3301414110 (2019) PERAN PEMBERDAYAAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) DALAM MENINGKATKAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI DESA CEPIRING KECAMATAN CEPIRING KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3301414110maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia adalah salah satu negara berkembang yang tidak luput dari permasalahan kependudukan, dimana saat ini jumlah penduduk Indonesia menepati urutan terbesar ke empat didunia. Hal ini berkaitan erat dengan berbagai program pembangunan. Pelaksaan pembangunan dilakukan di berbagai daerah di Indonesia, baik di daerah perkotaan maupun di daerah pedesaan. Pembangunan tersebut meliputi berbagai aspek, salah satunya dengan meningkatkan pemberdayaan masyarakat. Salah satunya di Desa Cepiring Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal. yaitu dengan mengoptimalkan upaya pemberdayaan masyarakat dengan mengembangkan organisasi-organisasi kemasyarakatan melalui pembinaan kelompok-kelompok seperti program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripsi kualitatif. Pengumpulan data dengan wawancara, oberservasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi Ketua PKK, Sekretaris PKK, Kelapa Desa dan Masyarakat Desa Cepiring. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Tahapan analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian di Desa Cepiring Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal, menunjukkan bahwa dengan mengembangkan organisasi-organisasi kemasyarakatan melalui pembinaan kelompok-kelompok seperti program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) melalui teori pemberdayaan suharto yaitu 5P yang memberikan pelaksanaan pemberdayaan perempuan dan untuk mencapai kesejahteraan yaitu dengan keterlibatannya perempuan di PKK. Hasil kesejahteraan keluarga itu nantinya dapat dilihat dari adanya peningkatan kualitas hidup keluarga. Selain itu, permasalahan menyangkut adanya faktor�faktor yang mempengaruhi kegiatan PKK dalam meningkatkan pemberdayaan perempuan di Desa Cepiring Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal. Saran, sebagai organisasi perempuan yang ada di Desa Cepiring PKK harus tetap berupaya meningkatan keterampilan dan mendukung program-program Pemerintah Desa Cepiring, serta perlu adanya peningkatan dan pengembangan program-program yang lebih kreatif dan efektif sehingga mampu menarik masyarakat untuk tergabung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran, PKK, Pemberdayaan Perempuan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 26 Dec 2019 16:25
Last Modified: 26 Dec 2019 16:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33958

Actions (login required)

View Item View Item