PERSEPSI SISWA KELAS XI DAN ALUMNI SMA NEGERI 4 KOTA TEGAL SEBAGAI GENERASI MILENIAL TENTANG KETELADANAN DAN PERJUANGAN R.A. KARDINAH DI TEGAL


M. Miftahul Falaah , 3101415061 (2019) PERSEPSI SISWA KELAS XI DAN ALUMNI SMA NEGERI 4 KOTA TEGAL SEBAGAI GENERASI MILENIAL TENTANG KETELADANAN DAN PERJUANGAN R.A. KARDINAH DI TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3101415061maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengetahuan siswa dan alumni SMA 4 Kota Tegal sebagai generasi milenial Tegal tentang sosok Kardinah dapat dikatakan kurang baik. Berdasarkan temuan tersebut maka peneliti mencoba mengkaji persepsi siswa dan alumni baik sebelum dan sesudah mengetahui siapa sosok Kardinah tersebut. Terdapat beberapa permasalahan yang akan dikaji yaitu (1)Bagaimana persepsi siswa kelas XI dan alumni SMA Negeri 4 Kota Tegal tentang kepahlawanan R.A. Kardinah dalam perjuangannya membantu mensejahterakan masyarakat Kota Tegal, (2)Bagaimana persepsi guru sejarah SMA 4 Kota Tegal terhadap pentingnya siswa memiliki kesadaran sejarah tentang kepahlawanan R.A. Kardinah di Tegal, (3)Bagaimana guru mata pelajaran sejarah menjelaskan pokok bahasan keteladanan pahlawan kepada siswa dalam pembelajaran sejarah guna meningkatkan sikap kesadaran sejarah siswa SMA 4 Kota Tegal Dalam penelitian ini digunakan pendekatan jenis kualitatif, serta dilaksanakan di SMA 4 Kota Ttegal dan lingkungan Kota Tegal. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Narasumber yang diwawancara terdiri dari siswa kelas XI SMA 4 Kota Tegal, alumni SMA 4 Kota Tegal angkatan 2015, dan guru mata pelajaran sejarah SMA 4 Kota Tegal. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, serta analisis data dengan analisis interaksi yang langkah-langkahnya meliputi dari pengumpilan data, reduksi data, sajian data, dan verifikasi. Dalam penelitian ini ditemukan berbagai temuan atau hasil sebagai berikut: Pertama Persepsi siswa kelas XI dan alumni SMA 4 Kota Tegal terhadap keteladanan dan bentuk perjuangan R.A. Kardinah di Tegal bersifat positif, siswa dan alumni memiliki persepsi yang rata-rata mengapresiasi jasa R.A. Kardinah dan berharap dapat menularkan nilai positif dalam sikap dan kehidupan sehari-hari. Kedua Guru sejarah SMAN 4 Kota Tegal memiliki peranan penting untuk meningkatkan sikap kesadaran sejarah melalui proses pembelajaran sejarah. Ketiga Guru sering menanamkan pesan yang positif dalam kegiatan pembelajaran sejarah sebagai salah satu cara meningkatkan sikap kesadaran sejarah dan rasa cinta tanah air. Berdasarkan kesimpulan dari penelitian ini, maka terdapat saran sebagai berikut: Sebaiknya guru tidak terlalu sering menggunakan metode ceramah dalam kegiatan pembelajaran, karena dapat mengakibatkan siswa merasa bosan dan jenuh. Guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran yang lebih segar seperti mengajak peserta didik kunjungan ke tempat atau situs bersejarah di sekitar Kota Tegal. Sementara bagi siswa kelas XI dan alumni SMA 4 Kota Tegal sebagai generasi milenial seharusnya mampu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mempelajari sejarah dan menambah pengetahuan, supaya mampu mendapat manfaat yang positif dalam kehidupan. vii

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Generasi Milenial, Keteladanan, Kesadaran Sejarah.
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 26 Dec 2019 22:46
Last Modified: 26 Dec 2019 22:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33947

Actions (login required)

View Item View Item