PERAN KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) DALAM MELAKSANAKAN PENDIDIKAN POLITIK UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF PEMILIH PEMULA PADA PILKADA TAHUN 2015 DI KABUPATEN KENDAL


Muhammad AdeputeraHemas, 3301413042 (2019) PERAN KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) DALAM MELAKSANAKAN PENDIDIKAN POLITIK UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF PEMILIH PEMULA PADA PILKADA TAHUN 2015 DI KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3301413042maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Peran KPU Kabupaten Kendal dalam melaksanakan pendidikan politik bagi pemilih pemula yaitu KPU telah melaksanakan tugas dan wewenangnya dengan memberikan program sosialisasi kepada masyarakat khususnya pemilih pemula dan disambut dengan antusiasme masyaratakat yang tinggi sehingga tujuan KPU agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam Pilkada di Kabupaten Kendal terlaksana. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis peranan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam melaksanakan pendidikan politik; (2) Mengkaji bentuk pendidikan politik yang dilaksanakan KPU dalam meningkatkan partisipasi aktif pemilih pemula. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini adalah (1) Peran KPU dalam melaksanakan pendidikan politik; (2) Bentuk pendidikan politik yang dilaksanakan KPU dalam meningkatkan partisipasi aktif pemilih pemula. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran KPU Kabupaten Kendal dalam melaksanakan pendidikan politik bagi pemilih pemula yaitu dengan melakukan program sosialisasi. Bentuk pendidikan politik KPU Kabupaten Kendal telah melaksanakan pendidikan politik berupa sosialisasi ke sekolah- sekolah. Saran yang diberikan penulis yaitu bagi pemerintah, diharapkan pemerintah mampu memberikan pendidikan politik bagi masyarakat luas sejak dini. Bagi Komisi Pemilihan Umum, diharapkan untuk selalu memberikan sosialisasi dan pendidikan politik dengan materi yang lebih inovatif. Bagi Masyarakat, diharapkan agar masyarakat selalu mengikuti isu dan perkembangan politik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran KPU, Pendidikan Politik, Partisipasi Aktif.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > Government
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 12:40
Last Modified: 30 Dec 2019 12:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33946

Actions (login required)

View Item View Item