PEMANFAATAN MONUMEN PERJUANGAN 45 LIMBANGAN KENDAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 LIMBANGAN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Sofnia Nurul Mahmudah , 3101415045 (2019) PEMANFAATAN MONUMEN PERJUANGAN 45 LIMBANGAN KENDAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 LIMBANGAN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3101415045maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sumber belajar di luar kelas perlu dimanfaatkan dalam proses pembelajaran sejarah. Banyaknya peninggalan bersejarah di Kendal memiliki relevansi terhadap pembelajaran sejarah termasuk dalam hal memperkaya sumber belajar. Pemanfaatan Monumen Perjuangan 45 Limbangan sebagai sumber belajar sejarah dapat menumbuhkan semangat belajar sejarah siswa, karena siswa disuguhkan dengan bukti nyata yang ada disekitarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana guru sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Limbangan Kendal memanfaatkan sumber belajar yang ada, 2. Bagaimana pemanfaatan Monumen Perjuangan 45 Limbangan sebagai sumber belajar sejarah, 3. Bagaimana pemahaman siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Limbangan dengan pemanfaatan Monumen Perjuangan 45 Limbangan sebagai sumber belajar sejarah. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. untuk mengetahui guru sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Limbangan Kendal dalam memanfaatkan sumber belajar yang ada, 2. Untuk mengetahui pemanfaatan Monumen Perjuangan 45 Limbangan sebagai sumber belajar sejarah, 3. Untuk mengetahui pemahaman siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Limbangan dengan pemanfaatan Monumen Perjuangan 45 Limbangan sebagai sumber belajar sejarah. Manfaat dari penelitian ini dapat dijadikan suatu kajian ilmiah tentang pemanfaatan bangunan peninggalan sejarah sebagai sumber belajar sejarah. Sumber data/latar penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Limbangan. Data penelitian yaitu siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Limbangan dan situs bersejarah Monumen Perjuangan 45 Limbangan. Sasaran/fokus penelitian yaitu sumber belajar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan model interaktif, yang meliputi uji keabsahan data dan triangulasi. Kendal memiliki banyak peninggalan sumber belajar di luar kelas yang belum dimanfaatkan oleh guru. Pemanfaatan Monumen perjuangan 45 Limbangan oleh guru sejarah SMA Negeri 1 Limbangan dapat meningkatkan pemahaman siswa, karena siswa dapat melihat sumber belajarnya secara langsung. Guru sejarah harus lebih sering membuat inovasi dalam pembelajaran dengan memanfaatkan sumber belajar di luar kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Monumen Perjuangan 45 Limbangan Kendal, Sumber Belajar Sejarah.
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 26 Dec 2019 22:40
Last Modified: 26 Dec 2019 22:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33945

Actions (login required)

View Item View Item