PERUBAHAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT AKIBAT DAMPAK DARI HOME INDUSTRY DI DESA PEKANDANGAN KECAMATAN BANJARMANGU KABUPATEN BANJARNEGARA


Dede Novan, 3301413033 (2019) PERUBAHAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT AKIBAT DAMPAK DARI HOME INDUSTRY DI DESA PEKANDANGAN KECAMATAN BANJARMANGU KABUPATEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3301414033maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

dupan bermasyarakat yang disebabkan oleh faktor-faktor tertentu baik dari dalam maupun luar.Home industry di Desa Pekandangan berpotensi merubah pola perilaku masyarakat dari segi sosial dan ekonomi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perubahan sosial ekonomi masyarakat Desa Pekandangan akibat dampak dari home industry. Fokus penelitian ini adalah menganalisa perubahan sosial ekonomi masyarakat akibat dampak dari home industry di Desa Pekandangan Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar observasi, pedoman wawancara dan alat dokumentasi. Triangulasi teknik digunakan untuk menguji keabsahan data. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perubahan sosial ekonomi akibat munculnya hoom industry salak di Desa Pekandangan memiliki pengaruh dalam hal meningkatkan dan memberi lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Tapi di sisi lain, akibat munculnya hoom industry salak nilai-nilai sosial berupa kegiatan gotong-royong dan interaksi antar warga masyarakat menjadi hilang karena sibuk dalam pekerjaan. Saran dalam penelitian ini ditunjukan: 1) Kepada pemerintah, diharapkan pemerintah memberikan sosialisasi bagi masyarakat akan pentingnya membuka usaha baru untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru dan mengurangi pengangguran; 2) Bagi pemilik industri, diharapkan dapat memberikan upah yang sesuai dengan hasil kerja keras para karyawannya yang telah bekerja dengan baik dan memiliki sistem lembur yang menentu agar masyarakat juga bisa memenuhi kewajibannya sebagai warga masyarakat; 3) Bagi Masyarakat Desa Pekandangan, diharapkan tetap menyempatkan untuk berpartisipasi langsung dalam kegiatan bergotong-royong. Sehingga gotong-royong sebagai bentuk solidaritas antarmasyarakat akan terbangun.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perubahan, masyarakat, hoom industry
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 26 Dec 2019 15:35
Last Modified: 26 Dec 2019 15:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33944

Actions (login required)

View Item View Item