PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INFOGRAFIS TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PENYANDANG DISABILITAS FISIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH


Dwi Anjar Yati , 3101415027 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INFOGRAFIS TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PENYANDANG DISABILITAS FISIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3101415027maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penulisan ini adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran sejarah di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BBRSPDF) Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta. Pembelajaran sejarah perlu di dukung dengan peggunaan media yang menarik dan mudah di pahami sehingga tujuan dari pembelajaran sejarah, yaitu transfer nilainilai nasionalisme dapat tersampaikan dengan baik kepada siswa. Oleh karena itu, peneliti mengguakan media infografis untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah di BBRSPDF Prof. Dr. Soeharso Surakarta, media pembelajaran infografis memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki media pembelajaran lain, yaitu memuat gambar yang memperjelas meteri, berisi poin-poin penting materi, dan disusun secara kronologis. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen yaitu nonequivalent control group design. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik Purposive Samping, peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar siswa penyandang disabilitas fisik yang menggunkan media infografis, mengetahui minat belajar siswa penyendang disabilitas fisik yang tanpa menggunakan media infografis, dan mengetahui pengaruh penggunaan media infografis terhadap minat belajar sejarah siswa penyandang disabilitas fisik. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan hasil post-test, pada kelas eksperimen memiliki rata-rata 78,20 dan kelas kontrol memiliki rata-rata 66,84, berdasarkan uji regresi linear sederhana media infografis berpengaruh terhadap minat belajar siswa sebesar 20,1%. Saran yang dapat penulis berikan adalah sebaiknya guru juga menggunakannya untuk media pembelajaran untuk mempermudah penyampaian informasi kepada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Infografis, Minat Belajar Sejarah, Disabilitas Fisik
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 26 Dec 2019 22:18
Last Modified: 26 Dec 2019 22:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33938

Actions (login required)

View Item View Item