PENGARUH PEMBELAJARAN SEJARAH DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP KETOKOHAN JENDERAL SOEDIRMAN PADA SIKAP BELA NEGARA DI SMA N 1 REMBANG PURBALINGGA


Tri Wardani Rahim , 3101415013 (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN SEJARAH DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP KETOKOHAN JENDERAL SOEDIRMAN PADA SIKAP BELA NEGARA DI SMA N 1 REMBANG PURBALINGGA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3101415013maria.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang penulis lakukan di SMA N 1 Rembang Purbalingga, peneliti menjumpai keragaman persepsi dan sikap yang ditunjukan siswa terhadap tokoh Jenderal Soedirman. Keragaman persepsi dan sikap inilah yang membuat peneliti menggali lebih dalam lagi mengenai pengaruh persepsi siswa tentang tokoh Jenderal Soedirman terhadap sikap bela negara siswa di SMA N 1 Rembang Purbalingga. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh persepsi siswa terhadap ketokohan Jenderal Soedirman pada sikap bela negara dan bagaimana pengaruh pembelajaran sejarah dan persepsi siswa terhadap sikap bela negara. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran sejarah submateri Soedirman dan persepsi siswa terhadap ketokohan Jenderal Soedirman dengan sikap bela negara siswa kelas XI SMA Negeri 1 Rembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-postfacto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Rembang dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas XI yang terdiri dari 8 (delapam) kelas yang diambil masing-masing 21 anak dari setiap kelas dengan total 168 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pembelajaran sejarah submateri Soedirman (X1), dan persepsi siswa terhadap ketokohan Jenderal Soedirman (X2) serta variabel terikat yaitu sikap bela negara siswa (Y). Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah dan persepsi siswa berpengaruh dengan sikap bela negara siswa. Hal ini dibuktikan dengan Uji F yang diperoleh Fhitung45,641>2,659 Ftabel, sehingga H3 berbunyi : “Ada pengaruh positif pembelajaran sejarah submateri Soedirman dan persepsi terhadap ketokohan Jenderal Soedirman dengan sikap bela negara siswa”, diterima. Secara simultan pembelajaran sejarah submateri Soedirman dan persepsi siswa terhadap ketokohan Jenderal Soedirman berpengaruh dengan sikap bela negara siswa sebesar 34,8%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sejarah, Persepsi dan Sikap Bela Negara
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 26 Dec 2019 22:00
Last Modified: 26 Dec 2019 22:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33933

Actions (login required)

View Item View Item