PERAN GURU SEJARAH DALAM PENANAMAN SIKAP NASIONALISME PESERTA DIDIK MELALUI PEMBALAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN BREBES


SITI NURROKHMAH, 3101415011 (2019) PERAN GURU SEJARAH DALAM PENANAMAN SIKAP NASIONALISME PESERTA DIDIK MELALUI PEMBALAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3101415011maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dewasa ini sikap nasionalisme di kalangan pelajar di Indonesia semakin randah, di lihat dari sikap diantaranya banyak anak muda yang tingkah lakunya kurang sopan santun, tawuran antar pelajar, tidak khidmat mengikuti upacara, dan kurang hafal lagu-lagu nasional. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan penanaman sikap nasionalisme peserta didik melalui pembelajaran sejarah (2) Bagaimana peran guru sejarah dalam penanaman sikap nasionalisme peserta didik melalui pembelajaran sejarah (3) Apa saja kendala dalam penanaman sikap nasionalisme peserta didik melalui pembelajaran sejarah di SMA Negeri Se-Kabupaten Brebes. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penanaman sikap nasionalisme peserta didik dan peran guru sejarah dalam penanaman sikap nasionalisme serta kendala apa saja yang dihadapi guru dalam penanaman sikap nasionalisme melalui pembelajaran sejarah di SMA Negeri Se-Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini adalah guru sejarah dan siswa di 5 SMA Negeri SeKabupaten Brebes. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam menentukan keabsahan data menggunakan Trianggulasi sumber dan metode. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis interaksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Penanaman sikap nasioanalisme peserta didik melalui pembelajaran sejarah di SMA Negeri di Kabupaten Brebes dapat ditinjau dari beberapa aspek, diantaranya materi sejarah, RPP, dan silabus berkarakter, metode pembelajaran, media dan evaluasi. Peran guru sejarah dalam menanamakan sikap nasionalisme peserta didik di SMA Negeri di Kabupaten Brebes memberikan pesan moral, menceritakan keteladan para pahlawan dalam proses belajar mengajar. Kendala yang dihadapi guru dalam penanaman sikap nasionalisme adalah faktor keluarga yang berasal dari keluarga yang berbeda-beda, faktor pergaulan siswa, dan faktor globalisasi yang berdampak negatif bagi peserta didik. Simpulan dalam penelitian ini adalah penanaman nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran sejarah di 5 SMA Negeri di Kabupaten Brebes yang dilakukan oleh guru sejarah adalah dengan cara menyisipkan nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran sejarah. Saran dalam penelitian ini diharapakan siswa sadar tentang pentingnya nilai-nilai nasionalisme dan siswa dapat menanamkan sikap nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guru Sejarah, Penanaman Nasionalisme, Pembelajaran Sejarah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 26 Dec 2019 21:53
Last Modified: 26 Dec 2019 21:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33927

Actions (login required)

View Item View Item