PERSEPSI SISWA KELAS X MIPA SMA N 1 MEJOBO TAHUN PELAJARAN 2018/2019 TERHADAP PROSES ISLAMISASI DI KABUPATEN KUDUS


Candra Dewi Fatmawati , 3101415008 (2019) PERSEPSI SISWA KELAS X MIPA SMA N 1 MEJOBO TAHUN PELAJARAN 2018/2019 TERHADAP PROSES ISLAMISASI DI KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3101415008maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (925kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) Pembelajaran sejarah pada pokok bahasan proses islamisasi oleh Walisongo; (2) Persepsi siswa SMA N 1 Mejobo terhadap proses islamisasi di Kabupaten Kudus; (3) Kendala dalam pembelajaran sejarah pada pokok bahasan proses Islamisasi oleh Walisongo. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Mejobo dengan menggunakan metode kualitatif. Sumber data terdiri atas informan (guru sejarah dan peserta didik), dokumen ( prota, promes, silabus dan RPP). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, catatan lapangan dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Analisis data menggunakan analisis interaktif dengan tiga tahapan analisis, yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data yang berinteraksi dengan pengumpulan data secara siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam pembelajaran sejarah pada pokok bahasan proses islamisasi oleh Walisongo guru lebih banyak menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab dimana siswa lebih banyak diajak dialog dengan guru terkait materi yang dibahas; (2) Siswa memiliki persepsi yang positif atau baik terhadap Sunan Kudus yang dianggap sebagai Walisongo yang menyebarkan agama Islam di Kudus. Siswa mempersepsikan Sunan Kudus adalah seorang ulama yang mempunyai pengetahuan agama Islam yang sangat tinggi dan merupakan pelopor dan pendiri cikal-bakal Kota Kudus sebagai kota santri; (3) Kendala dalam pembelajaran sejarah pada pokok bahasan proses Islamisasi oleh Walisongo adalah mengenai keterbatasan alokasi waktu dengan materinya yang cukup padat. Berdasarkan simpulan penelitian ini disarankan sebagai berikut: Guru harus berupaya untuk menanamkan persepsi yang baik terhadap Sunan Kudus sehingga tercipta kesadaran sejarah yang baik dari siswa untuk menjaga bangunan peninggalan sejarah dari Sunan Kudus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa, Proses Islamisasi, Sunan Kudus.
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 26 Dec 2019 21:45
Last Modified: 26 Dec 2019 21:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33919

Actions (login required)

View Item View Item