PENANAMAN NILAI-NILAI KETELADANAN KI HAJAR DEWANTARA DI SMA TAMAN MADYA IBU PAWIYATAN


Abdul Rokhman , 3101415006 (2019) PENANAMAN NILAI-NILAI KETELADANAN KI HAJAR DEWANTARA DI SMA TAMAN MADYA IBU PAWIYATAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3101415006maria.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sejarah memiliki peran besar dalam pembentukan watak serta penanaman nilai-nilai kepada peserta didik. Saat ini, generasi muda Indonesia telah mengalami kemunduran dalam pengamalan nilai-nilai keteladanan pahlawan. Oleh karena itu perlu ditanamkan kembali nilai-nilai keteladanan pahlawan kepada generasi muda melalui pembelajaran sejarah. Penanaman nilai dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menanamkan nilai-nilai keteladanan Ki Hajar Dewantara kedalam diri siswa melalui pembelajaran sejarah dalam materi sejarah masa pergerakan nasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja nilai-nilai keteladanan Ki Hajar Dewantara yang sudah diterapkan dalam pembelajaran sejarah, bagaimana nilai-nilai keteladanan Ki Hajar Dewantara ditanamkan dalam diri siswa serta menganalisis kendala-kendala proses pembelajaran sejarah tentang nilai-nilai kepahlawanan Ki Hajar Dewantara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan adalah guru sejarah, guru ketamansiswaan, siswa kelas XI SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan. Teknik pengumpulan data berupa : observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Uji validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Analisis data yabg digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan (1) Ki Hajar Dewantara memiliki nilai keteladanan diantaranya sederhana, pantang menyerah, tanggung jawab, berani, rela berkorban, religius, mandiri, gotong royong, nasionalis, integritas. Nilai-nilai tersebut diantaranya sudah terdapat dalam 5 Nilai karakter sebagaimana tercantum dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang dicetuskan oleh Kementerian Pendidikan Nasional yaitu nilai religius, mandiri, gotong royong, nasionalis, dan integritas.(2) Penanaman nilai keteladanan Ki Hajar Dewantara sudah dilakukan dengan baik pada pembelajaran sejarah kelas XI di SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan. (3) Kendala dalam penanaman nilai-nilai keteladanan Ki Hajar Dewantara dalam proses pembelajaran meliputi terbatasnya ketersedian buku sebagai sumber materi, mood siswa dan karakter siswa yang berbeda-beda, kemudian siswa mengalami kesulitan dalam mengingat tanggal suatu peristiwa. Saran untuk guru yaitu menggunakan variasi model pembelajaran, tidak hanya monoton pada ceramah saja agar siswa tidak merasa jenuh maupun mengantuk dalam mempelajari sejarah terutama tentang penanaman nilai-nilai keteladanan Ki Hajar Dewantara agar tercapainya tujuan pendidikan baik aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Nilai, Keteladan, Ki Hajar Dewantara
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 26 Dec 2019 14:34
Last Modified: 26 Dec 2019 14:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33915

Actions (login required)

View Item View Item