PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTUREAND PICTURE MELALUI MEDIA PUZZLE GAMBARTERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPSSMA NEGERI 3 SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2018/2019


Ani Istiqomatunisa , 3101415004 (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTUREAND PICTURE MELALUI MEDIA PUZZLE GAMBARTERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPSSMA NEGERI 3 SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3101415004maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran adalah suatu proses atau kegiatan sistematis bersifat interaktif dan komunikatif yang dilakukan antara pendidik dengan siswa dalam kelas maupun di luar kelas. Namun, kenyataannya banyak para guru yang mengajar tanpa menggunakan model dan media dikarenakan keterbatasan pengetahuan tentang itu semua. Hal ini membuat para siswa jenuh, akibatnya para siswa tidak maksimal menerima pelajaran yang dijelaskan oleh sang guru. Para siswa menjadi bosan dan tidak memiliki niat untuk belajar lagi. Untuk mengatasi masalah tersebut salah satu caranya dengan menggunakan model pembelajaran yang memiliki ciri inovatif, aktif, kreatif, dan menyenangkan adalah model Picture and Picture. Salah satu model pembelajaran picture and picture diantaranya media puzzle gambar. Melalui media puzzle gambar siswa dapat bermain dan belajar sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan : 1) Mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan model pembelajaran picture and picture melalui media puzzle gambar. 2) Mengetahui minat belajar yang tumbuh setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran picture and picture melalui media puzzle gambar. 3) Mengetahui pengaruh keefektivitasan pembelajaran menggunakan model pembelajaran picture and picture melalui puzzle gambar terhadap minat belajar siswa XI IPS SMA Negeri 3 Slawi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen, dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPS dan sampel siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2, variabel penelitian ini menggunakan variabel bebas yaitu kelas XI IPS 1 dan variabel terikat yaitu kelas XI IPS 2. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi, sebar angket dan studi dokumen. Variabel dalam penelitian ini adalah pengaruh penerapan model pembelajaran picture and picture melalui media puzzle gambar terhadap minat belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Slawi kabupaten Tegal tahun ajaran 2018/2019. Analisis data yang digunakan yaitu Uji Persyaratan, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis, Uji t, Uji Regresi dan Uji Hipotesis. Hasil Penelitian menunjukan Pelaksanaan penerapan model picture and picture dengan mengumpulkan data-data penelitian yang diperoleh berdasarkan hasil observasi atau pengamatan, wawancara dan catatan lapangan. Penerapan model pembelajaran picture and picture melalui puzzle gambar dapat meningkatkan minat belajar siswa, Penerapan model pembelajaran picture and picture melalui puzzle gambar dapat memudahkan siswa dalam memahami materi dalam pembelajaran. Terdapat pengaruh signifikan setelah penerapan model pembelajaran picture and picture melalui puzzle gambar terhadap minat belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2018/2019 yaitu menunjukan siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan dalam minat belajar sejarah. Saran untuk guru yaitu dapat menggunakan model pembelajaran picture and picture melalui media puzzle gambar untuk dapat diterapkan pada pembelajaran sejarah, dan lebih matang dalam mempersiapkan materi dalam pembelajaran agar lebih banyak waktu yang disediakan untuk mendampingi peserta didik dalam memecahkan masalah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Pembelajaran Picture and Picture Puzzle Gambar. Minat Belajar
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 26 Dec 2019 21:27
Last Modified: 26 Dec 2019 21:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33910

Actions (login required)

View Item View Item