PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP KEAKTIFAN SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 11 KOTA SEMARANG TAHU PELAJARAN 2018/2019


Juniana Prastiwi , 3101414081 (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP KEAKTIFAN SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 11 KOTA SEMARANG TAHU PELAJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3101414081maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi dan wawancara di SMA Negeri 11 Semarang diperoleh informasi bahwa keaktifan kelas XI MIPA sudah cukup baik. Maka dari itu, perlu adanya suatu variasi yang baru model pembelajaran yang menarik, aktif, dan inovatif untuk meningkatan keaktifan kelas dan membantu siswa agar lebih aktif. Salah satunya melalui model pembelajaran take and give. Penelitian ini bertujuan : 1) untuk mengatahui apakah itu model pembelajaran take and give 2) untuk mengetahui model pembelajaran take and give yang diterapkan di kelas XI MIPA SMA Negeri 11 Semarang 3)) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran take and give terhadap keaktifan kelas. Model pembelajaran take and give ini diterapkan agar memudahkan siswa selama pembelajaran di kelas supaya lebih aktif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian posttest-only control group desaign true-experimental. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi, sebar angket, dan studi dokumen. Fokus dalam penelitian ini adalah pengaruh penerapan model pembelajaran take and give terhadap keaktifan kelas XI MIPA SMA Negeri 11 Semarang tahun ajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 SMA Negeri 11 Semarang. Penentuan subjek tersebut dilakukan dengan mengamatan seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 11 Semarang dan diambil kelas paling pasif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama, Model pembelajaran take and give atau memberi dan menerima merupakan inti dari dari Model take and give. Model pembelajaran ini didukung oleh penyajian data yan diawali dengan pemberian kartu kepada siswa. Kedua, Pelaksanaan penerapan model pembelajaran take and give dengan mengumpulkan data-data penelitian yang diperoleh berdasarkan hasil observasi atau pengamatan, wawancara, dan catatan lapangan. Penerapan model pembelajaran take and give dapat meningkatkan keaktifan siswa, penerapan model pembelajaran take and give dapat memudahkan siswa dalam memaham materi dalam pembelajaran, dalam penerapan model pembelajaran take and give siswa tidak lagi hanya sebagai objek pembelajaran tetapi sebagai subjek pembelajaran. Dan yang ketiga yaitu Ada pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran take and give terhadap keaktifan kelas siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 11 Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. Yaitu berpengaruh 35,8% , sedangkan sisanya 64,2% keaktifan siswa dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran take and give dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Pembelajaran Take and Give. Keaktifan Kelas
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 26 Dec 2019 21:08
Last Modified: 26 Dec 2019 21:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33903

Actions (login required)

View Item View Item