PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK PEMETAAN WISATA KULINER TRADISIONAL KHAS KOTA SURAKARTA BERDASARKAN TINGKAT JUMLAH PENGUNJUNG


Bagas Nur Rochmadi, 3212316007 (2019) PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK PEMETAAN WISATA KULINER TRADISIONAL KHAS KOTA SURAKARTA BERDASARKAN TINGKAT JUMLAH PENGUNJUNG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3212316007maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (862kB) | Preview

Abstract

Wisata kuliner merupakan kegiatan perjalanan atau sebagian dari kegiatan tersebut yang dilakukan secara sukarela dan bersifat sementara untuk menikmati makanan atau minuman khas. Suatu wilayah kabupaten/kota memiliki ragam khas wisata kuliner yang berbeda jenis sebagai contoh di Kota Surakarta. Wisata kuliner dianggap menjadi prioritas bagi khalayak umum berlibur di kabupaten/kota yang dikunjungi. Banyaknya wisata kuliner menjadi masalah bagi pencari wisata kuliner, oleh karena itu tujuan dari tugas akhir ini untuk menginformasikan masyarakat mengenai titik lokasi sebaran wisata kuliner dengan memberi keterangan alamat beserta gambar dan mengetahui wisata kuliner favorit Kota Surakarta. Metode yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah pengumpulan data dan survey lapangan, pertama dengan mengumpulkan data dari instansi Dinas Pariwisata. Kedua, metode survei lapangan metode ini digunakan untuk mengetahui kondisi lapangan dan mengetahui letak wisata kuliner dengan mengambil koordinat X dan Y menggunakan GPS. Ketiga, yaitu metode dokumentasi merupakan metode pengumpulan data yang diperoleh dari arsip catatan serta data lain sebagai pelengkap. Metode keempat yaitu metode studi kepustakaan merupakan metode yang mempelajari kepustakaan dan menyeleksi kepustakaan sesuai dengan penelitian yang diangkat. Hasil yang diperoleh dari survei dan pemetaan ini adalah peta tematik yang berisi tentang pemetaan wisata kuliner berdasarkan jumlah pengunjung. Pengambilan titik koordinat industri dapat dengan mudah dilakukan dengan menggunakan aplikasi GPS Geo Map yang ada di smartphone. Persebaran wisata kuliner Kota Surakarta menyeluruh ada di setiap kecamatan, persebaran wisata kuliner paling banyak terdapat di Kecamatan Banjarsari hal ini dikarenakan kecamatan tersebut merupakan pusat kota. Dari hasil klasifikasi jumlah pengunjung, terdapat 5 tempat kuliner yang merupakan wisata kuliner favorit pengunjung yaitu Selat Mbak Lies, Selat Vien’s, Selat Tenda Biru, Timlo Sastro dan Sate Kambing Bu Hj Bejo, Kesimpulan dari hasil survei dan pemetaan ini adalah menyajikan peta persebaran wisata kuliner dari sumber yang jelas dan menyajikan keterangan tempat beserta dokumentasi dari hasil survei lapangan di Kota Surakarta Tahun 2019.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemetaan, Wisata Kuliner, Jumlah Pengunjung
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Dec 2019 12:45
Last Modified: 30 Dec 2019 12:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33902

Actions (login required)

View Item View Item