STRATEGI GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMA N 1 BAE KUDUS DAN SMA NU HASYIM ASY’ARI KUDUS TAHUN AJARAN 2018/2019


Prima Dwi Prasetyo Utomo , 3101414079 (2019) STRATEGI GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMA N 1 BAE KUDUS DAN SMA NU HASYIM ASY’ARI KUDUS TAHUN AJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 3101414079maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Implementasi kurikulum 2013 di SMA N 1 Bae Kudus dengan SMA NU Hasyim Asy’ari terdapat perbedaan dan kesamaan. Tujuan penelitian adalah: (1) Proses pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Bae Kudus dan SMA NU Hasyim Asy’ary Kudus, (2) Apa faktor yang menimbulkan kendala-kendala yang di hadapi Guru terkait dengan Pembelajaran Sejarah dan Implentasinya sesuai dengan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Bae Kudus dan SMA NU Hasyim Asy’aryKudus, (3) Bagaimana langkah-langkah guru untuk menghadapi kendala dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Bae Kudus dan SMA NU Hasyim Asy’aryKudus. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan purposive sampling. Sumber utama dalam penelitian ini adalah informan, data tambahan seperti dokumen dan lain-lain. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan merupakan teknik analisis data deskriptif naratif yang berisi tentang uraian masalah yang dibahas dalam penelitian ini yang disusun melalui penarikan kesimpulan, verifikasi, logis dan sistematis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) proses pembelajaran sejarah di SMA N 1 Bae Kudus dan SMA NU Hasyim Asy’ari sudah sesuai dibuktikan adanya perangkat pembelajaran, pembelajaran pada Kurikulum 2013, dan dilihat dari pemahaman guru sejarah dan waka kurikulum terhadap pernyataan ketika diwanwancara yaitu mengetahui perubahan yang terjadi dan penerapan dalam pembelajaran, (2) Apa faktor yang menimbulkan kendala-kendala yang di hadapi Guru terkait dengan Pembelajaran Sejarah dan Implentasinya sesuai dengan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Bae Kudus dan SMA NU Hasyim Asy’ary Kudus dilihat dari kesiapan guru, siswa, dan sistem pembelajaran, (3) Bagaimana hasil dari pengimplementasian dan langkah guru untuk menghadapi kendala dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Bae Kudus dan SMA NU Hasyim Asy’ary Kudus bahwa dalam menghadapi permasalahan dalam kegiatan pembelajaran sejarah guru harus lebih banyak belajar lagi dengan sesama guru mata pelajaran sejarah lainnya untuk mengatasi masalah dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi kurikulum 2013, SMA N 1 Bae Kudus, SMA NU HasyimAsy’ari Kudus
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 26 Dec 2019 20:58
Last Modified: 26 Dec 2019 20:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33899

Actions (login required)

View Item View Item