PENGARUH TASK VALUE DAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA TERHADAP STRATEGI SELF REGULATED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMA NEGERI 5 SEMARANG


Yuniar Gita Tyas Sih Sasami , 1301414017 (2019) PENGARUH TASK VALUE DAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA TERHADAP STRATEGI SELF REGULATED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMA NEGERI 5 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH TASK VALUE DAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA TERHADAP STRATEGI SELF REGULATED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMA NEGERI 5 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH TASK VALUE DAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA TERHADAP STRATEGI SELF REGULATED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMA NEGERI 5 SEMARANG) - Published Version
Download (683kB) | Preview

Abstract

Pada proses belajar timbul siswa yang mengalami kesulitan dalam menerima materi yang mempengaruhi performa akademik siswa khususnya dibidang matematika. Kesulitan yang dialami dipicu oleh ketidaktahuan siswa mengenai strategi belajar yang digunakan dalam mengolah informasi yang didapat. Secara lebih lanjut, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui hubungan antara task value dan dukungan sosial keluarga terhadap strategi self regulated learning pada mata pelajaran matematika di SMA Negeri 5 Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan sampel berjumlah 260 dari 1.000 siswa dengan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah Learning Strategies Scale, Motivation Scale dan Parental’s Involvement for Learning Scale dengan nilai alpha sebesar 0,868; 0,747; dan 0,929. Teknik analasa data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara task value terhadap strategi self regulated learning (R= 0,251, F(4,260) = 4,296, p = <0,05). Antara dukungan sosial keluarga terhadap strategi self regulated learning juga terdapat pengaruh yang signifikan (R = 0,293, F(4,260) = 16,397, p = <0,05). Begitu pula antara task value dan dukungan sosial keluarga secara bersama-sama juga memiliki pengaruh yang signifikan dengan strategi self regulated learning (R = 0,544 F(8,260) = 20,693, p = <0,01). Disimpulkan bahwa prosentase pengaruh task value terhadap strategi self regulated learning yakni sebesar 6,3%, pengaruh dukungan sosial keluarga terhadap strategi self regulated learning sebesar 23,2% serta pengaruh task value dan dukungan sosial keluarga terhadap strategi self regulated learning sebesar 29,5%. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan agar guru BK mampu mengoptimalkan layanan informasi mengenai pentingnya membangun task value positif pada mata pelajaran matematika serta informasi pada orang tua mengenai pentingnya suatu dukungan terhadap proses perkembangan belajar siswa sehingga hal tersebut akan berperngaruh pada kemampuan strategi self regulated learning siswa yang berdampak pada kemampuan akademik dibidang matematika. Selain itu, dapat diperkuat melalui pemberian layanan penguasaan konten oleh guru BK mengenai strategi self regulated learning seperti cara efektif pembuatan peta konsep.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Task Value, Dukungan Sosial Keluarga, Strategi Self Regulated Learning
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 20 Dec 2019 14:15
Last Modified: 20 Dec 2019 14:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33877

Actions (login required)

View Item View Item