HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN PARTISIPASI SISWA MENGIKUTI KONSELING KELOMPOK DENGAN KECEMASAN UJIAN AKHIR DI SMAN SOKARAJA


Wahidah Nur Khasanah , 1301414013 (2019) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN PARTISIPASI SISWA MENGIKUTI KONSELING KELOMPOK DENGAN KECEMASAN UJIAN AKHIR DI SMAN SOKARAJA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN PARTISIPASI SISWA MENGIKUTI KONSELING KELOMPOK DENGAN KECEMASAN UJIAN AKHIR DI SMAN SOKARAJA]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN PARTISIPASI SISWA MENGIKUTI KONSELING KELOMPOK DENGAN KECEMASAN UJIAN AKHIR DI SMAN SOKARAJA) - Published Version
Download (569kB) | Preview

Abstract

ini dilakukan berdasarkan temuan fenomena yang ada di lapangan dimana adanya kecemasan yang dialami oleh siswa SMAN Sokaraja saat menghadapi UAS (Ujian Akhir Semester). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada atau tidaknya hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan ujian akhir, (2) ada atau tidaknya hubungan antara partisipasi siswa mengikuti konseling kelompok dengan kecemasan ujian akhir, dan (3) ada atau tidaknya hubungan antara efikasi diri dan partisipasi siswa mengkuti konseling kelompok dengan kecemasan ujian akhir. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SMA Negeri Sokaraja yang berjumlah 1012 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah stratifiied random sampling, sampel yang diambil sejumlah 265 dengan taraf kesalahan 5%. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu skala psikologis efikasi diri, angket partisipasi siswa dalam layanan konseling kelompok dan skala psikologi kecemasan siswa menghadapi ujian akhir semester. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptiv, analisis regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara efikasi diri dan partisipasi siswa dalam layanan konseling kelompok dengan kecemasan menghadapi ujian akhir semester. Kemudian terdapat hubungan negatif antara efikasi diri dengan kecemasan siswa menghadapi UAS karena rhitung > rtabel (0,668 > 0,113) dan terdapat hubungan negatif antara partisipasi siswa dalam layanan konseling kelompok dengan kecemasan siswa menghadapi UAS karena rhitung > rtabel (0,378 > 0,113). Maka dari itu, disarankan kepada guru BK untuk dapat memberikan layanan konseling kelompok secara optimal kepada siswa agar efikasi diri serta menurunkan tingkat kecemasan siswa dalam menghadapi ujian akhir semester.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efikasi diri, partisipasi siswa dalam layanan konseling kelompok, kecemasan siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 20 Dec 2019 13:45
Last Modified: 20 Dec 2019 13:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33876

Actions (login required)

View Item View Item