HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN SELF EFFICACY DENGAN PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA SMK


Merita Kurnia Putri , 1301414011 (2019) HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN SELF EFFICACY DENGAN PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA SMK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN SELF EFFICACY DENGAN PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA SMK]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN SELF EFFICACY DENGAN PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA SMK) - Published Version
Download (541kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena hasil studi pendahuluan di SMK Diponegoro Juwana Kabupaten Pati khususnya kelas X yang sebagian besar siswanya melakukan kegiatan menyontek. Sehingga hal tersebut menyebabkan self efficacy dalam diri siswa menurun dan konformitas teman sebaya namun ke arah yang negatif meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konformitas teman sebaya dan self efficacy dengan perilaku menyontek siswa itu sendiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Subjek dari penelitian ini sendiri adalah siswa kelas X dengan populasi 218 siswa. Tehnik pengambilan sample menggunakan simpel random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 135 siswa. Alat pengumpulan data adalah skala perilaku menyontek, skala self efficacy, dan skala konformitas teman sebaya. Uji validitas yang digunakan adalah validitas konstrak dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara konformitas teman sebaya dan perilaku menyontek dibuktikan dengan semakin tinggi konformitas teman sebaya maka semakin tinggi pula perilaku menyontek yang terjadi pada siswa SMK. Selanjutnya penelitian ini juga menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara self efficacy dan perilaku menyontek, dibuktikan dengan semakin rendah self efficacy maka semakin tinggi perilaku menyontek siswa SMK. Dan yang terakhir hubungan konformitas teman sebaya dan self efficacy dengan perilaku menyontek siswa secara bersama-sama memberikan dampak sebesar 35,7% dan siswanya 64,3% perilaku menyontek dipengaruhi variabel lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konformitas teman sebaya, self efficacy, perilaku menyontek
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 19 Dec 2019 20:22
Last Modified: 19 Dec 2019 20:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33875

Actions (login required)

View Item View Item