ANALISIS AWAL IPA DI SMP MENUJU PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MENGGUNAKAN PERMAINAN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA


Akhlis, Isa and Dewi, Novi Ratna (2015) ANALISIS AWAL IPA DI SMP MENUJU PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MENGGUNAKAN PERMAINAN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA. In: SEMINAR NASIONAL IPA VI “REVOLUSI MENTAL MENUJU MANUSIA INDONESIA YANG BERKEPRIBADIAN MELALUI PENDIDIKAN IPA”, 25 April 2015, Semarang.

[thumbnail of PROSIDING_SEMNAS_IPA_VI_FINAL.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (78MB) | Preview

Abstract

Pendidikan multikultur memiliki lima dimensi yang saling berkaitan, yaitu :(1). Content integration; (2). The Knowledge Construction Process; (3) An Equity Paedagogy; (4) Prejudice Reduction; (5) Exercise. Games dapat dibuat untuk mengeksplor ide-ide IPA tertentu ke permukaan sedangkan anak-anak dari segala usia suka bermain game. (Muslimin, 2012). Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran awal tentang siswa dan lingkungan yang meliputi macam-macam nilai budaya yang ada pada siswa, metode pembelajaran, bahan ajar serta media yang digunakan dalam proses belajaran mengajar. Metode pengumpulan dan analisis data yang digunakan ialah metode dokumentasi untuk mendapatkan data perangkat sebelum dikembangkan, observasi untuk memperoleh data macam-macam nilai budaya yang ada pada siswa sebelum pengembangan perangkat, dan angket untuk mendapatkan data tentang metode pembelajaran, bahan ajar serta media yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Seluruh data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan karakter yang cukup mencolok antara siswa yang berasal dari daerah pegunungan dan daerah perkotaan. Perangkat pembelajaran yang ada kurang mendukung usaha guru untuk mengaplikasikan nilai budaya yang ada di sekitar siswa dalam pembelajaran. Selain itu, pembelajaran IPA yang sudah identik dengan keseriusan membuat guru jarang untuk menerapkan strategi permainan dalam pembelajaran, selain itu metode yang digunakan lebih banyak pembelajaran konvensional, bahan ajar yang digunakan kebanyakan menggunakan buku BSE dan LKS dari penerbit komersil, serta media yang digunakan mayoritas powerpoint.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: pendidikan multikultur, karakter.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 19 Dec 2019 15:31
Last Modified: 19 Dec 2019 15:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33867

Actions (login required)

View Item View Item