ANALISIS RUANG BERMAIN SEBAGAI RUANG TUNGGU ANAK DI PUSKESMAS RAMAH ANAK (Studi Pada Puskesmas Bergas Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang)


Miftachuddiniyah , 1601415071 (2019) ANALISIS RUANG BERMAIN SEBAGAI RUANG TUNGGU ANAK DI PUSKESMAS RAMAH ANAK (Studi Pada Puskesmas Bergas Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS RUANG BERMAIN SEBAGAI RUANG TUNGGU ANAK DI PUSKESMAS RAMAH ANAK (Studi Pada Puskesmas Bergas Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang)]
Preview
PDF (ANALISIS RUANG BERMAIN SEBAGAI RUANG TUNGGU ANAK DI PUSKESMAS RAMAH ANAK (Studi Pada Puskesmas Bergas Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang)) - Published Version
Download (805kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa persentase kegunaan ruang bermain sebagai ruang tunggu anak di Puskesmas Ramah. Ruang bermain belum sepenuhnya digunakan untuk bermain oleh anak. Padahal penataan ruang bermain sudah dibuat semenarik mungkin agar anak dengan kesadaran dirinya mau menunggu dengan bermain di ruang bermain. Ruang bermain ini disediakan sebagai ruang tunggu anak ketika menunggu orang tuanya yang berobat atau berkonsultasi ke puskesmas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data statistik dengan analisis deskriptif presentase. subyek penelitian adalah orang tua anak usia 60-72 bulan. Populasi penelitian ini adalah 1.384 orang tua anak usia 60-72 bulan di wilayah kerja Puskesmas Bergas. teknik pengambilan sampel adalah non probability sampling menggunakan Incidential Sampling sebesar 100 responden. Responden dalam penelitian ini adalah orang tua anak usia 60-72 bulan yang berjumlah 100 orang. Hasil analisis menunjukkan bahwa persentase kegunaan ruang bermain sebagai ruang tunggu anak di Puskesmas Ramah Anak adalah baik. Simpulan persentase kegunaan ruang bermain sebagai ruang tunggu anak dengan presentase 77,9% adalah baik , karena setiap harinya selalu ada anak yang bermain di ruang bermain. Saran yang dapat diberikan adalah Puskesmas dapat merawat alat main yang ada di ruang bermain agar alat main dapat terjaga dan tidak rusak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bermain, Ruang Bermain, Puskesmas Ramah Anak
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 19 Dec 2019 14:10
Last Modified: 19 Dec 2019 14:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33861

Actions (login required)

View Item View Item