PENINGKATAN KETERAMPILAN BAHASA (MEMBACA AWAL) ANAK KELOMPOK B DALAM ZONA LITERASI DI SENTRA READINES TK IT PERMATA HATI NGALIYAN


Alfi Nur Hidayah, 1601415059 (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN BAHASA (MEMBACA AWAL) ANAK KELOMPOK B DALAM ZONA LITERASI DI SENTRA READINES TK IT PERMATA HATI NGALIYAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN BAHASA (MEMBACA AWAL) ANAK KELOMPOK B DALAM ZONA LITERASI DI SENTRA READINES TK IT PERMATA HATI NGALIYAN]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN BAHASA (MEMBACA AWAL) ANAK KELOMPOK B DALAM ZONA LITERASI DI SENTRA READINES TK IT PERMATA HATI NGALIYAN) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan zona literasi di sentra readines dapat meningkatkan keterampilan bahasa (membaca awal) anak kelompok B di TK IT Permata Hati Ngaliyan. TK ini menerapkan model pembelajaran sentra. Setiap lembaga biasanya memiliki nama tersendiri disetiap sentra. Seperti halnya lembaga ini memilih memberi nama sentra readines untuk sentra yang biasa kita kenal dengan nama sentra persiapan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif eksperimen menggunakan pre eksperimental design dengan bentuk one group pretest-posttetst desaign. Pada penelitian hanya terdapat satu kelompok yang diberikan test diawal untuk mengetahui kondisi sebelum diberikan perlakuan. Hal ini digunakan untuk memberikan hasil yang akurat dalam membandingkan hasil perlakuan (Sugiyono, 2011:74). Pelaksanaan eksperimen dimulai dengan memberikan pretest (O1), kemudian perlakuan eksperimen (X), dan posttest (O2) (Purwanto, 2016:127). Data dari pretest dan posttest diolah menggunakan aplikasi SPSS. Peneliti juga mengumpulkan dokumentasi yang berfungsi sebagai data pendukung. Hasil data diperoleh melalui perhitungan statistik melalui uji paired sample t-test. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa hasil nilai thitung -18,659. Hasil perhitungan hipotesis dapat diterima maka nilai thitung harus lebih kecil dari ttabel (thitung < ttabel) dan Sig. < 0,05. Hasil menunjukan bahwa thitung < ttabel yaitu -18,659 < 1.697 dan Sig. 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada keterampilan membaca awal anak kelompok B di TK IT Permata Hati Ngaliyan setelah diberikan penerapan zona literasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Zona Literasi, Membaca Awal, Anak Usia Dini
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 19 Dec 2019 14:11
Last Modified: 19 Dec 2019 14:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33860

Actions (login required)

View Item View Item