PERBEDAAN KEMAMPUAN MUSIK ANAK YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER KOLINTANG DENGAN ANAK YANG TIDAK MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER KOLINTANG DI TK NEGERI KINTELAN SEMARANG


Mei Harfiani , 1601415054 (2019) PERBEDAAN KEMAMPUAN MUSIK ANAK YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER KOLINTANG DENGAN ANAK YANG TIDAK MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER KOLINTANG DI TK NEGERI KINTELAN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERBEDAAN KEMAMPUAN MUSIK ANAK YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER KOLINTANG DENGAN ANAK YANG TIDAK MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER KOLINTANG DI TK NEGERI KINTELAN SEMARANG]
Preview
PDF (PERBEDAAN KEMAMPUAN MUSIK ANAK YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER KOLINTANG DENGAN ANAK YANG TIDAK MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER KOLINTANG DI TK NEGERI KINTELAN SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Anak memiliki banyak kemampuan yang terus berkembang, terdapat kemampuan musik anak yang juga ikut berkembang. Di TK Negeri Kintelan Semarang terdapat ekstrakurikuler Kolintang untuk mendukung perkembangan kemampuan musik anak, namun tidak semua anak ikut bergabung dalam ekstrakurikuler kolintang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan musik anak yang mengikuti ekstrakurikuler kolintang dengan anak yang tidak mengikuti ekstrakurikuler kolintang di TK Negeri Kintelan Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode komparatif. Subjek dan populasi penelitian ini adalah anak kelas B TK Negeri Kintelan Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis independent sample t-test yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukan anak yang mengikuti ekstrakurikuler kolintang mendapat nilai minimum 86, nilai maximum 134, dan nilai rata-rata 119.79, sedangkan anak yang tidak mengikuti ekstrakurikuler kolintang memperoleh nilai minimum 70, nilai maximum 114, dan nilai rata-rata 90.93 Sedangkan untuk uji hipotesis didapatkan nilai thitung > ttabel yaitu 4.389 > 1.701 dan nilai Sig < 0.05 yaitu 0.000 < 0.05. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya perbedaan yang signifikan kemampuan musik anak yang mengikuti ekstrakurikuler kolintang dengan anak yang tidak mengikuti ekstrakurikuler kolintang. Saran penelitian ini adalah hendaknya guru memberi motivasi bagi seluruh anak untuk dapat mengikuti ekstrakurikuler kolintang sehingga kemampuan musik anak dapat berkembang secara maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler Kolintang, Kemampuan Musik Anak.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 19 Dec 2019 14:12
Last Modified: 19 Dec 2019 14:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33859

Actions (login required)

View Item View Item