HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD GUGUS KI AGENG SELO


Marisa Imania, 1401414388 (2019) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD GUGUS KI AGENG SELO. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD GUGUS KI AGENG SELO]
Preview
PDF (HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD GUGUS KI AGENG SELO) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Gugus Ki Ageng Selo yang memiliki hasil belajar kurang memuas-kan, yaitu dari 205 siswa sebanyak 77 siswa mendapat nilai rendah. Hasil belajar Bahasa Indonesia diduga dipengaruhi perhatian orang tua dan minat baca siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Teknik sampel yang digunakan adalah cluster sampling dengan sampel sebanyak 122 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumen-tasi, dan angket. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Uji hipo-tesis menggunakan uji koefisien korelasi dan uji regresi linear, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia; 2. Ada hubu-ngan yang positif dan signifikan antara minat baca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia; 3. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan minat baca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Simpulan penelitian ini menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifi-kan antara perhatian orang tua dan minat baca terhadap hasil belajar Bahasa Indo-nesia. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar siswa, guru dapat bertu-kar informasi dan kerja sama dengan orang tua siswa terkait perkembangan bela-jar anak di sekolah, siswa dapat menceritakan kembali bacaan yang didengar atau dibaca; membaca buku cerita sebelum tidur; membeli buku; meminjam buku di perpustakaan; dan bertukar buku dengan teman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perhatian orang tua, minat baca, hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 19 Dec 2019 13:22
Last Modified: 19 Dec 2019 13:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33853

Actions (login required)

View Item View Item