ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BENTUK CERITA MATERI PENGUKURAN PADA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS HASANUDIN KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL


Ayu Rizki Ana , 1401414104 (2019) ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BENTUK CERITA MATERI PENGUKURAN PADA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS HASANUDIN KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BENTUK CERITA MATERI PENGUKURAN PADA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS HASANUDIN KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL]
Preview
PDF (ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BENTUK CERITA MATERI PENGUKURAN PADA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS HASANUDIN KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL) - Published Version
Download (696kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah sebagai salah satu tujuan pembelajaran matematika harus dibiasakan sejak siswa di sekolah dasar (SD). Kemampuan pemecahan masalah pada siswa SD dapat dikembangkan melalui soal cerita. Permasalahannya siswa kelas V SD masih kesulitan menyelesaikan soal cerita matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi kesulitan siswa saat menyelesaikan soal cerita, penyebab serta upaya mengurangi kesulitan tersebut. Penelitian dilakukan di 6 SD di wilayah Se-Gugus Hasanudin Kecamatan Margadana Kota Tegal populasi sebanyak 133 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen soal tes, wawancara, dokumentasi. Teknik Analisis data terdiri dari analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif menggunakan model Miles and Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian memeroleh kesimpulan tentang berbagai jenis kesulitan, faktor penyebab serta upaya. Kesulitan siswa saat mengerjakan soal cerita materi pengukuran yaitu kesulitan mengidentifikasi kata kunci soal, kesulitan transformasi kalimat soal menjadi model matematika, kesulitan perhitungan, serta kesulitan membuat kesimpulan. Faktor penyebab kesulitan terdiri dari faktor pribadi siswa yang berkaitan dengan kebiasaan belajar siswa, faktor penguasaan konsep materi, dan faktor pemberian bantuan guru Upaya yang dapat dilakukan guru meliputi, identifikasi permasalahan kesulitan yang dialami siswa, membuat soal cerita menggunakan bahasa komunikatif, memerbanyak latihan soal cerita, menerapkan pembelajaran kooperatif dan kontekstual, pemberian bimbingan individual, pemberian motivasi dan reward serta menggunakan media pembelajaran. Pengetahuan tentang jenis kesulitan dan penyebab dapat dijadikan referensi bagi guru untuk menentukan upaya yang tepat, sehingga kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa dapat terminimalisasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesulitan, Pengukuran, Soal Cerita
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 19 Dec 2019 13:23
Last Modified: 19 Dec 2019 13:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33852

Actions (login required)

View Item View Item