HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DAN KONSEP DIRI DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA


Atika Destiana , 1301415081 (2019) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DAN KONSEP DIRI DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DAN KONSEP DIRI DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DAN KONSEP DIRI DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA) - Published Version
Download (489kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kecerdasan emosi dan konsep diri dengan penyesuaian sosial siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Boja. Permasalahan yang melatar belakangi adanya penelitian ini adalah sekitar 40% diantara siswa kelas X mengatakan bahwa mereka salah mengambil jurusan yang mengakibatkan mereka sulit untuk melakukan penyesuaian dengan jurusan mereka saat ini. Hal tersebut berpengaruh terhadap terbentuknya penyesuaian sosial siswa. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif korelasional. Sampel yang digunakan berjumlah 135 dari 272 siswa dengan teknik pengambilan sampel cluster sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah skala psikologi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosi dan konsep diri dengan penyesuaian sosial siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Boja. Nilai R= 0,530 yang menunjukkan besarnya koefisien korelasihubungan antara ketiga variabel berada pada tingkatan “Sedang/Cukup”. Hasil uji determinan diperoleh R square sebesar 0,281. Maka sumbangan variabel kecerdasan emosi dan konsep diri terhadap penyesuaian sosial adalah 28,1%, sedangkan sisanya yaitu 71,9% diprediksi oleh variabel lain. Disarankan agar guru BK dapat membantu siswa dengan cara memberikan layanan pemahaman mengenai teori-teori maupun aspek-aspek kecerdasan emosi dan konsep diri agar siswa bisa melakukan penyesuaian sosial sehingga siswa dapat mencapai tujuan dan tugas perkembangannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosi, Konsep Diri, Penyesuaian Sosial
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 19 Dec 2019 13:24
Last Modified: 19 Dec 2019 13:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33850

Actions (login required)

View Item View Item