KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KLASIKAL MENGGUNAKAN MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR SISWA SMK NEGERI 1 BANYUMAS
Mia Triana Dewi , 1301413042 (2019) KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KLASIKAL MENGGUNAKAN MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR SISWA SMK NEGERI 1 BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KLASIKAL MENGGUNAKAN MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR SISWA SMK NEGERI 1 BANYUMAS)
- Published Version
Download (693kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya tingkat perencanaan karir pada siswa di SMK Negeri 1 Banyumas berdasarkan pada hasil pre-test yang telah dilakukan. Oleh karena itu perlu dilakukan sebuah perlakuan untuk membantu meningkatkan perencanaan karir pada siswa tersebut. Pada penelitian ini peneliti mencoba menerapkan kegiatan bimbingan klasikal model blended learning sebagai salah satu cara untuk meningkatkan perencanaan karir pada siswa. Media yang digunakan adalah website sehingga penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui penilaian siswa terhadap media website. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian pre-eksperimental designs dengan bentuk pre-eksperimental designs yang digunakan yaitu pretest-posttest control group design one-group pretest-posttest. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobabilitas dengan jenis Qouta Sampling (Sampling Kouta). Dari 90 siswa kelas XII AP (Administrasi Perkantoran) yang dijadikan sebagai populasi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah skala perencanaan karir yang telah dilakukan uji validitas dan reliabiitas dan meCUE Questionnaire. Uji validitas menggunakan uji validitas konstruk dan isi, sementara reliabilitas yang digunakan adalah alpha cronbach. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan uji One Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata hasil pre-test dan post-test sebesar (M=58,8) pada kelas XII AP 1. Apabila dilihat berdasarkan indikatornya, ketiga aspek perencanaan karir mengalami peningkatan dan yang paling tinggi pada indikator memahami informasi tentang diri sendiri (M=23,84). Adapun hasil uji hipotesis One Way Anova mendapatkan (F(2,87)=131,376; p=<0,01). Artinya, terdapat perbedaan perencanaan karir pada siswa antara sebelum dan sesudah diberikan treatment kegiatan bimbingan klasikal model blended learning. Penilaian siswa terhadap website tentang perencanaan karir, secara keseluruhan termasuk dalam kategori sangat bagus (M= 4.10). Artinya website dapat diterima dengan baik oleh siswa yang ditandai dengan nilai di atas rata-rata dan berarah positif tiap indikatornya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan bimbingan klasikal model blended learning terbukti efektif dalam meningkatkan perencanaan karir pada siswa kelas XII AP 1 (Administrasi Perkantoran) di SMK Negeri 1 Banyumas. Oleh karena itu, guru BK di sekolah hendaknya dapat mengembangkan kompetensi yang berkaitan dengan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) sehingga dapat mengembangkan penggunaan teknologi untuk pemberian kegiatan bimbingan klasikal model blended learning.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan klasikal,model blended learning, perencanaan karir. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 17 Dec 2019 18:49 |
Last Modified: | 17 Dec 2019 18:49 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33843 |
Actions (login required)
View Item |