PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS V MI ASSALAFIYAH KEMANGGUNGAN TARUB TEGAL TAHUN 2018/2019


Rizqi Mualifah , 1301413018 (2019) PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS V MI ASSALAFIYAH KEMANGGUNGAN TARUB TEGAL TAHUN 2018/2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS V MI ASSALAFIYAH KEMANGGUNGAN TARUB TEGAL TAHUN 2018/2019]
Preview
PDF (PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS V MI ASSALAFIYAH KEMANGGUNGAN TARUB TEGAL TAHUN 2018/2019) - Published Version
Download (498kB) | Preview

Abstract

Kepercayaan diri yaitu keyakinan seseorang terhadap kelebihan yang dimilikinya yang membuatnya merasa mampu melakukan sesuatu sesuai dengan tujuan hidupnya. Berdasarkan fenomena pada kelas V MI Assalafiyah Kemanggungan Tarub Tegal menunjukkan tingkat kepercayaan diri siswa masih rendah. Hal tersebut di dapat dari angket sederhana mengenai kepercayaan diri. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menganalisi tingkat kepercayaan diri siswa sebelum diberi layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama di kelas V MI Assalafiyah Kemanggungan Tarub Tegal, (2) menganalisis tingkat kepercayaan diri siswa setelah diberi layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama di kelas V MI Assalafiyah Kemanggungan Tarub Tegal, (3) menganalisis adakah pengatuh layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama terhadap kepercayaan diri siswa di kelas V MI Assalafiyah Kemanggungan Tarub Tegal. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperiment dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan studi populasi dimana keseluruhan populasi digunakan peneliti sebagai sampel dalam penelitian. Adapun jumlah siswa kelas v yaitu 18 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan skala kepercayaan diri siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif, uji beda (t-tets), dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh layanan penguasaan konten dengan teknik soiodrama terhadap kepercayaan diri siswa kelas V MI Assalafiyah Kemanggungan Tarub Tegal. Kepercayaan diri siswa sebelum diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama berada pada katogori rendah, kemudian setelah diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama berada pada kategori tinggi. Hasil uji t-test menunjukkan bahwa thitung > ttabel, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama berpengaruh terhadap kepercayaan diri siswa. Sebagai guru kelas, pengganti guru bk diharapkan dapat bekerjasama dengan kepala sekolah dan serta orang tua dalam mengontrol perilaku siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Layanan penguasaan konten, teknik sosiodrama, Kepercayaan diri siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 16 Dec 2019 19:03
Last Modified: 16 Dec 2019 19:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33841

Actions (login required)

View Item View Item