EVALUASI PROGRAM PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA NITIMANTA KUSUMA DENGAN METODE CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT (CIPP) DI KELURAHAN PLEBURAN


Nanda Artyasta Dwi Pangestika , 1201415067 (2019) EVALUASI PROGRAM PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA NITIMANTA KUSUMA DENGAN METODE CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT (CIPP) DI KELURAHAN PLEBURAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EVALUASI PROGRAM PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA NITIMANTA KUSUMA DENGAN METODE CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT (CIPP) DI KELURAHAN PLEBURAN]
Preview
PDF (EVALUASI PROGRAM PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA NITIMANTA KUSUMA DENGAN METODE CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT (CIPP) DI KELURAHAN PLEBURAN) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Evaluasi program PIK Remaja Nitimanta Kusuma di Kelurahan Pleburan dilatarbelakangi oleh banyaknya remaja yang terjerumus ke hal-hal negative seperti, pernikahan dini, pergaulan bebas, pemakaian obat-obat terlarang, dan lain-lain. Program PIK Remaja Nitimanta Kusuma harus berjalan tepat sasaran agar mengurangi remaja yang terjerumus ke hal-hal negative. Agar program tersebut tepat sasaran, maka harus diadakan evaluasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Context, Input, Process, Product di PIK Remaja Nitimanta Kusuma. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 4 orang yaitu Ketua, anggota, dan pengurus PIK Remaja Nitimnata Kusuma, sedangkan informan 1 orang yaitu Pembina PIK Remaja Nitimanta Kusuma, dan ketua PIK Remaja Nitimanta Kusuma yang sudah tidak aktif lagi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.Teknik keabsahan menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: dilihat dari konteks bahwa program yang diselenggarakan oleh PIK Remaja Nitimanta Kusuma berkaitan dengan Kebutuhan, Peluang, Lingkungan, Kondisi, Kebutuhan, Peluang, Peserta Didik, Tenaga Pendidik, Pendanaan sudah sesuai dengan yang program, sedangkan kurikulum belum; dilihat dari masukan/input: Sumber Daya, Pencapaian Tujuan, Prosedur Kerja, Reaksi Masyarakat, Keberhasilan program, adanya kesamaan dengan rencana sebelumnya sudah sesuai dengan program. Evaluasi proses: Kegiatan, Penanggung Jawab, Pelaksanaan Program, Individu sudah sesuai sedangkan Sarana Prasarana masih kurang mendukung, Hambatan akan segera diatasi. Evaluasi produk: adanya dampak positif bagi remaja, dan program unggulannya yaitu recycle barang bekas. Simpulan dalam penelitian ini yaitu program PIK Remaja Nitimanta Kusuma di Kelurahan Pleburan dalam pelaksanaannya sudah sesuai dengan analisis Model CIPP. Hambatan dalam implementasi evaluasi program terletak pada evaluasi konteks yaitu belum adanya kurikulum yang jelas di PIK Remaja Nitimanta Kusuma. Selain itu terdapat hambatan pada evaluasi proses mengenai sarana dan prasarana yang kurang menunjang kegiatan program. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah PIK Remaja Nitimanta Kusuma sebaiknya membuat kurikulum yang jelas dan tertata untuk program, serta meningktakan sarana dan prasarana agar dapat meningkatkan kualitas PIK Remaja Nitimanta Kusuma.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Program PIK Remaja, CIPP
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 16 Dec 2019 18:07
Last Modified: 16 Dec 2019 18:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33837

Actions (login required)

View Item View Item