PENYELENGGARAAN PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI KB BINA CITRA CENDEKIA UNGARAN
Fiqri Ana Cintia Putri , 1201415012 (2019) PENYELENGGARAAN PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI KB BINA CITRA CENDEKIA UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (670kB) | Preview |
Preview |
PDF (PENYELENGGARAAN PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI KB BINA CITRA CENDEKIA UNGARAN)
- Published Version
Download (670kB) | Preview |
Abstract
Penyelenggaraan Program Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di KB Bina Citra Cendekia menanamkan nilai-nilai karakter sejak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk Mendeskripsikan Pengembangan Kurikulum di KB Bina Citra Cendekia Ungaran, (2) Untuk Mendeskripsikan Proses Pembelajaran di KB Bina Citra Cendekia Ungaran, (3) Untuk Mendeskripsikan Sarana yang digunakan di KB Bina Citra Cendekia Ungaran, (4) Untuk Mendeskripsikan Sistem Penilaian di KB Bina Citra Cendekia Ungaran, (5) Untuk Mendeskripsikan Pendidik dan Tenaga Kependidikan KB Bina Citra Cendekia Ungaran, (6) Untuk Mendeskripsikan kendala/hambatan dan faktor pendorong Penyelenggaraan Program Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di KB Bina Citra Cendekia. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Lokasi penelitian berada di Jalan KH. Hasyim Asy’ari No. 2A Ungaran. Subyek penelitian meliputi, yaitu Kepala Sekolah KB Bina Citra Cendekia, 2 Pendidik Kelas KB A, 3 Orangtua Murid Kelas KB A, dan muridmurid kelas KB A. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian adalah didapatkannya data dan penjelasan mengenai Penyelenggaraan Program Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di KB Bina Citra Cendekia dari tahap pengembangan kurikulum yang menggunakan 2 kurikulum yaitu K13 dan kurikulum khusus, proses pembelajaran dengan 3 kegiatan sentra (olah tubuh, balok, dan bahan alam), sarana yang digunakan meliputi sarana indoor dan outdoor, menggunakan 2 sistem penilaian yaitu skala capaian perkembangan anak dan catatan anekdot, dan pendidik yang mempunyai kualifikasi dan kompetensi yang ditentukan. Simpulan dari penelitian ini adalah Penyelenggaraan Program Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di KB Bina Citra Cendekia menggunakan dua kurikulum dan dua teknik penilaian, dalam proses pembelajaran sentra menggunakan sarana baik indoor maupun outdoor, pendidik di KB Bina Citra Cendekia mempunyai kualifikasi dan berkompetensi dibidangnya. Saran dari penelitian ini adalah 1) Penambahan alat-alat penunjang proses pembelajaran, 2) Penambahan pendidik dan tenaga kependidikan, 3) Orangtua harus berperan aktif mengikuti peraturan sekolah guna pembentukan perilaku anak, 4) Pendidik dan orangtua bekerja sama dalam memantau perkembangan dan perubahan perilaku anak.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penyelenggaraan Program, Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 16 Dec 2019 15:37 |
Last Modified: | 16 Dec 2019 15:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33832 |
Actions (login required)
View Item |