PENGARUH SIKAP DAN MINAT BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) JEPARA


Youlinda Loviyani Putri , 1201415011 (2019) PENGARUH SIKAP DAN MINAT BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH SIKAP DAN MINAT BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) JEPARA]
Preview
PDF (PENGARUH SIKAP DAN MINAT BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) JEPARA) - Published Version
Download (840kB) | Preview

Abstract

Perbedaan latar belakang peserta didik pendidikan kesetaraan paket C SKB Jepara membuat minat, sikap dan motivasi belajar lebih bervariatif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh minat terhadap motivasi peserta didik pendidikan kesetaraan paket c SKB Jepara (2) mengetahui pengaruh sikap terhadap motivasi peserta didik pendidikan kesetaraan paket c SKB Jepara (3) mengetahui pengaruh sikap dan minat terhadap motivasi peserta didik pendidikan kesetaraan paket c SKB Jepara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskripsi kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yakni 30 peserta didik dari jumlah populasi 145 peserta didik. Teknik yang digunakan random sampling. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan kuesioner dan dokumntasi. Menguji instrument penelitian menggunakan validitas dan reabilitas. Analisis yang digunkan dalam penelitian ini yaitu analisis deskripsi presentase. Bedasarkan hasil analisis deskripsi presentase dari sampel 30 peserta didik untuk variabel dapat dikategori amat baik mencapai persentase 6,7%, kategori baik mencapai presentase 10%, kategori cukup baik mencapai presentase 50%, kategori kurang baik mencapai 30 % dan kategori tidak baik mencapai 3,3%. Sedangkan, hasil analisis deskripsi presentase untuk variabel minat belajar kategori amat baik mencapai persentase 6,7%, kategori baik mencapai presentase 23,3%, kategori cukup baik mencapai presentase 30%, kategori cukup baik mencapai presentase 30%, kategori kurang baik mencapai 26,7 % dan kategori tidak baik mencapai 13,3%. Bedasarkan hasil analisis regresi berganda memperoleh skor F hitung= 39,403 lebih besar dari F tabel = 2,97 besaran Sig 0.000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan sikap dan minat belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar. Berdasarkan hasil data diperoleh R square sebesar 0,745 yang menunjukan besaran pengaruh sikap dan minat belajar terhadap motivasi belajar. Hal ini menunjukan besaran pengaruh sikap dan minat belajar terhadap motivasi belajar mencapai 74,50%, Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif yang signifikan antara sikap dan minat terhadap motivasi belajar maka apabila sikap dan minat belajar peserta didik tinggi maka akan meningkatkan motivasi belajarnya. Saran dari peneliyian ini adalah 1) meningkatkan metode pembelajaran yang lebih interktif, 2) adanya hubungan materi dengan minat peserta didik, 3) Peserta didik harus berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran 4) penambahan alat–alat penuunjang dalam kegiatan pembelajaran,

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sikap. Minat belajar, Motivasi Belajar, Pendidikan Kesetaraan Paket C.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 16 Dec 2019 15:33
Last Modified: 16 Dec 2019 15:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33831

Actions (login required)

View Item View Item