PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ZAT ADIKTIF DAN PSIKOTROPIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DAN KONSERVASI DI MA


Kharisma Riski Ramadhani , 4401414043 (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ZAT ADIKTIF DAN PSIKOTROPIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DAN KONSERVASI DI MA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ZAT ADIKTIF DAN PSIKOTROPIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DAN KONSERVASI DI MA ]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ZAT ADIKTIF DAN PSIKOTROPIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DAN KONSERVASI DI MA ) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Ramadhani, Kharisma Riski. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Zat Adiktif dan Psikotropika Berbasis Problem Based Learning dan Konservasi di MA. Skripsi, Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing utama Dr. Lisdiana, M.Si. dan pembimbing pendamping Drs. Krispinus Kedati Pukan, M.Si. Kata kunci: Bahan ajar, konservasi, Problem Based Learning, zat adiktif dan psikotropika. Pengembangan bahan ajar adalah kegiatan yang dapat memperluas dan memperdalam materi pembelajaran sehingga lebih aplikatif. Kelebihan penggunaan bahan ajar adalah materi disusun secara terperinci yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa dan tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar zat adiktif dan psikotropika yang berbasis Problem Based Learning dan konservasi di MA. Jenis penelitian Research and Development (R&D). Penelitian dilakukan di Jurusan Biologi, Universitas Negeri Semarang dengan subjek penelitian di MAN 01 Pati. Teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh dengan jumlah responden sebanyak 145 siswa. Langkah penelitian mengikuti penelitian R&D menurut Sugiyono yang meliputi identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, mendesain bahan ajar, validasi bahan ajar oleh ahli media dan materi, revisi desain, uji keterbacaan oleh 36 siswa, revisi hasil uji keterbacaan, uji skala luas bahan ajar pada kelas XI MIA1, XI MIA 2, XI MIA 3 dan XI MIA 4. Hasil belajar kognitif siswa terdiri dari ketuntasan klasikal sebesar 80,56% siswa memperoleh nilai diatas KKM dan N-gain sebesar 97,2% siswa mendapatkan N-gain dalam kriteria sedang hingga tinggi. Hasil skor penguatan sikap peduli dalam kriteria sangat baik (89,14%). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar zat adiktif dan psikotropika berbasis Problem Based Learning dan konservasi yang dikembangkan efektif digunakan untuk pembelajaran siswa SMA/MA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Bahan ajar, konservasi, Problem Based Learning, zat adiktif dan psikotropika.
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Q Science > QD Chemistry
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 08 Jan 2020 12:19
Last Modified: 08 Jan 2020 12:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33809

Actions (login required)

View Item View Item