PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA, PRINSIP KESANTUNAN, DAN IMPLIKATUR DALAM FILM YOWIS BEN KARYA BAYU SKAK


Nurul Agustina , 2111415006 (2019) PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA, PRINSIP KESANTUNAN, DAN IMPLIKATUR DALAM FILM YOWIS BEN KARYA BAYU SKAK. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA, PRINSIP KESANTUNAN, DAN IMPLIKATUR DALAM FILM YOWIS BEN KARYA BAYU SKAK]
Preview
PDF (PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA, PRINSIP KESANTUNAN, DAN IMPLIKATUR DALAM FILM YOWIS BEN KARYA BAYU SKAK) - Published Version
Download (623kB) | Preview

Abstract

Prinsip percakapan merupakan fenomena menarik untuk dikaji dari berbagai perspektif. Prinsip percakapan berlaku agar percakapan dapat berlangsung secara kooperatif dan sopan. Kerja sama dan kesantunan berbahasa merupakan bagian dari kaidah-kaidah sosial dan kompetensi strategi berbahasa yang berperan penting dalam proses komunikasi. Demikian pula tuturan dalam, Film Yowis Ben karya Bayu Skak yang menarik untuk dikaji dari bidang kerja sama, kesantunan berbahasa dan implikatur. Film tersebut 80 persen menggunakan bahasa Jawa dan 20 persen menggunakan bahasa Indonesia. Namun, bahasa yang digunakan dalam film tersebut banyak yang melanggar prinsip kerja sama dan prinsip kesantunan. Hal ini jelas berbanding terbalik dengan norma kesantunan yang dijunjung di Indonesia, terutama di daerah pulau Jawa. Adapun yang diteliti dalam penelitiaan ini adalah (1) Pelanggaran prinsip kerja sama, (2) pelanggaran prinsip kesantunan, dan (3) implikatur percakapan yang terdapat dalam film Yowis Ben karya Bayu Skak. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis bentuk pelanggaran prinsip kerja sama, prinsip kesantunan, dan implikatur percakapan dalam film Yowis Ben karya Bayu Skak. Penelitian ini menggunakan pendekatan teoretis dan pendekatan metodologis. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan dalam film Yowis Ben karya Bayu Skak, sedangkan datanya berupa penggalan tuturan dalam film Yowis Ben karya Bayu Skak. Data dikumpulkan dengan metode simak dan teknik rekam serta catat. Analisis data menggunakan metode padan serta metode normatif. Hasil analisis terhadap percakapan antartokoh dalam film Yowis Ben Karya Bayu Skak meliputi tiga bagian, yaitu menemukan pelanggaran prinsip kerja sama, yang meliputi maksim relevansi, maksim cara, maksim kualitas, dan maksim kuantitas. Dalam prinsip kesantunan ditemukan pelanggaran pada maksim kearifan, maksim pujian, maksim kedermawanan, maksim rendah hati, dan maksim kesepakatan. Dalam implikatur percakapan, ditemukan adanya 7 jenis implikatur percakapan, yaitu implikatur menuduh, implikatur mengejek, implikatur gurauan, implikatur menasihati, implikatur penolakan, implikatur menyombomgkan diri, dan implikatur khusus. Dalam bertutur, penutur perlu menguasai prinsip kerja sama dan prinsip kesantunan agar memberikan kenyamanan, tidak menyinggung perasaan mitra tutur, dan peristiwa tutur menjadi lebih kooperatif. Bagi para pendengar atau mitra tutur disarankan untuk peka terhadap penggunaan bahasa yang disampaikan penutur sehingga tuturan dapat tersampaikan dengan baik tanpa ada perasaan tersinggung atau tersindir.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pelanggaran prinsip kerja sama, pelanggaran kesantunan berbahasa, implikatur, film Yowis Ben
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 12 Dec 2019 12:27
Last Modified: 12 Dec 2019 12:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33791

Actions (login required)

View Item View Item