Keefektivan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Kartu Masalah terhadap Kemampuan Menulis Matematik pada Materi Pokok Fungsi Kelas VIII Semester I MTs Negeri Sumber Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2010/2011.


Musta’anah , 4101406082 (2011) Keefektivan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Kartu Masalah terhadap Kemampuan Menulis Matematik pada Materi Pokok Fungsi Kelas VIII Semester I MTs Negeri Sumber Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektivan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Kartu Masalah terhadap Kemampuan Menulis Matematik pada Materi Pokok Fungsi Kelas VIII Semester I MTs Negeri Sumber Kabupaten Rembang Tahun pelajaran 2010/2011]
Preview
PDF (Keefektivan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Kartu Masalah terhadap Kemampuan Menulis Matematik pada Materi Pokok Fungsi Kelas VIII Semester I MTs Negeri Sumber Kabupaten Rembang Tahun pelajaran 2010/2011) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah agar siswa dapat mengkomunikasikan gagasan/ide-ide matematika dengan menulis matematik sebagai salah satu aspeknya. Dari hasil observasi, MTs Negeri Sumber Kabupaten Rembang adalah salah satu sekolah yang pembelajaran matematikanya lebih banyak dilakukan dengan metode ekspositori. Hal ini menyebabkan siswa kurang terlatih untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematika, baik secara lisan maupun tertulis. RME adalah suatu pembelajaran yang dilakukan dengan mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan masalah realistik yang dikenali oleh siswa. Dalam pelaksanaan pembelajaran digunakan media pembelajaran yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran, salah satunya kartu masalah. RME berbantuan kartu masalah dapat mengasah kemampuan menulis matematik karena siswa dituntut untuk menemukan dan menuliskan sendiri konsep materi yang dipelajari dengan menyimpulkan penyelesaian dari kartu masalah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: apakah pembelajaran RME berbantuan kartu masalah efektif terhadap kemampuan menulis matematik siswa kelas VIII MTs Negeri Sumber Kabupaten Rembang tahun pelajaran 2010/2011 mata pelajaran matematika materi pokok fungsi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VIII MTs Negeri Sumber Kabupaten Rembang tahun pelajaran 2010/2011. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara mengundi kelas-kelas anggota populasi dan diperoleh kelas VIII 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 5 sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah metode dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan menguji normalitas (uji Chi kuadrat), uji homogenitas (uji F) dan uji kesamaan rata-rata (uji t). Dari uji kesamaan rata-rata diperoleh ( 1,790) (1,668) hitung tabel t > t yang berarti bahwa rata-rata kemampuan menulis matematik siswa yang diajar dengan RME berbantuan kartu masalah lebih dari rata-rata kemampuan menulis matematik siswa yang diajar dengan metode ekspositori. Sebanyak 29 dari 36 siswa di kelas eksperimen memperoleh nilai ³ 65, artinya lebih dari 85% siswa di kelas eksperimen telah tuntas belajar. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran RME berbantuan kartu masalah efektif terhadap kemampuan menulis matematik siswa kelas VIII Semester I MTs Negeri Sumber Kabupaten Rembang tahun pelajaran 2010/2011 pada materi pokok fungsi. Oleh karena itu, pembelajaran RME berbantuan kartu masalah perlu terus diterapkan pada materi-materi yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Realistic Mathematics Education Berbantuan Kartu Masalah, Kemampuan Menulis Matematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Aug 2011 07:29
Last Modified: 25 Apr 2015 05:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3379

Actions (login required)

View Item View Item