PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BERMUATAN NILAI KERJASAMA BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII F SMP NEGERI 11 SEMARANG MELALUI PENGGUNAAN METODE KATA KUNCI BERBANTUAN MEDIA VIDEO – BANK KATA


Dimas Pramata Sukma, 2101416047 (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BERMUATAN NILAI KERJASAMA BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII F SMP NEGERI 11 SEMARANG MELALUI PENGGUNAAN METODE KATA KUNCI BERBANTUAN MEDIA VIDEO – BANK KATA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BERMUATAN NILAI KERJASAMA BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII F SMP NEGERI 11 SEMARANG MELALUI PENGGUNAAN METODE KATA KUNCI BERBANTUAN MEDIA VIDEO – BANK KATA]
Preview
PDF (PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BERMUATAN NILAI KERJASAMA BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII F SMP NEGERI 11 SEMARANG MELALUI PENGGUNAAN METODE KATA KUNCI BERBANTUAN MEDIA VIDEO – BANK KATA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk menjadi solusi permasalah yang ditemukan pada kelas VIII F SMP Negeri 11 Semarang berkaitan dengan rendahnya kemampuan menulis puisi yang dibuktikan pada hasil belajar peserta didik yang sangat tidak memuaskan. Hal tersebut dibuktikan dengan tidak ada satupun peserta didik yang mampu mendapatkan nilai melebihi KKM karena puisi yang mereka hasilkan kurang sesuai dengan kriteria puisi. Teks puisi yang mereka tulis hanya sampai pada 3 baris – 4 baris pendek saja tanpa disertai gaya bahasa berupa majas, persamaan rima, dan unsur pembangun puisi lainnya, sehingga nilai tertinggi yang didapatkan peserta didik hanya sebesar 50. Hasil diperparah dengan 7 peserta didik yang tidak mengumpulkan hasil puisinya karena mengaku tidak dapat menulis teks puisi. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa seluruh peserta didik masih mengalami kebingungan. Berdasarkan permasalahan tersebut didapatkan tiga rumusan masalah. (1) Bagaimana proses pembelajaran menulis puisi bermuatan nilai kerjasama melalui penerapan metode kata kunci berbantuan media video – bank kata, (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar menulis teks puisi peserta didik setelah pembelajaran menulis puisi menerapkan metode kata kunci berbantuan media video – bank kata, (3) Bagaimana perubahan sikap peserta didik setelah pembelajaran menulis puisi menerapkan metode kata kunci berbantuan media video – bank kata. Pendekatan penelitian ini yaitu campuran, lebih detailnya menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara, angket, dan catatan lapangan. Data-data yang didapatkan berkaitan dengan (1) Proses pembelajaran selama prasiklus, siklus I, dan siklus II, (2) Nilai peserta didik selama prasiklus, siklus I, dan siklus II dan (3) Perubahan sikap peserta didik selama prasiklus, siklus I, dan siklus II. Berdasarkan data-data tersebut metode penjelasan data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Peningkatan proses pembelajaran terlihat dari meningkatnya perhatian peserta didik ketika peneliti memberikan penjelasan, keaktifan peserta didik berkelompok, dan lebih seriusnya peserta didik menyelesaikan teks puisi. Peningkatan hasil belajar peserta didik terlihat pada nilai rata-rata siklus I sudah mencapai 84,78 dengan persentase ketuntasan 96,87%. Peningkatan signifikan terjadi pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 91,22 yang diikuti persentase ix ketuntasan sempurna 100%. Sementara itu, sikap individualis peserta didik berkurang terbukti dengan peserta didik sudah mengerti pentingnya kerjasama, sehingga dalam berkelompok mereka sudah mampu membangun kerjasama dengan baik tanpa mementingkan kepentingan diri masing-masing. Saran yang dapat peneliti berikan kepada pendidik yaitu pada pembelajaran menulis puisi hendaknya menerapkan metode kata kunci berbantuan media video – bank kata, kemudian bagi peserta didik hendaknya dapat memperhatikan dengan serius penjelasan dari pendidik agar pemahaman materi cara menulis puisi dapat dipahami dengan utuh, sehingga dalam menulis puisi tidak mengalami kesulitan. Selanjutnya, bagi peneliti lain hendaknya dapat melakukan penelitian eksperimen untuk mengetahui tingkat keefektifan penerapan metode kata kunci berbantuan media video – bank kata pada pembelajaran menulis puisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: metode kata kunci, menulis puisi, nilai kerjasama, media video, media bank kata
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 12 Dec 2019 12:35
Last Modified: 12 Dec 2019 12:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33782

Actions (login required)

View Item View Item