PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA IMAJINASI BERMUATAN NILAI TOLERANSI MENGGUNAKAN MODEL COPY THE MASTER BERBANTUAN MEDIA FILM ANIMASI BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII D SMP NEGERI 11 SEMARANG


Cintia Nugraha, 2101416016 (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA IMAJINASI BERMUATAN NILAI TOLERANSI MENGGUNAKAN MODEL COPY THE MASTER BERBANTUAN MEDIA FILM ANIMASI BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII D SMP NEGERI 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA IMAJINASI BERMUATAN NILAI TOLERANSI MENGGUNAKAN MODEL COPY THE MASTER BERBANTUAN MEDIA FILM ANIMASI BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII D SMP NEGERI 11 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA IMAJINASI BERMUATAN NILAI TOLERANSI MENGGUNAKAN MODEL COPY THE MASTER BERBANTUAN MEDIA FILM ANIMASI BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII D SMP NEGERI 11 SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilandaskan pada rendahnya keterampilan menulis cerita imajinasi pada peserta didik. Rendahnya keterampilan menulis cerita imajinasi tersebut disebabkan karena ketidaktepatan penggunaan model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik membuat peserta didik kesulitan dalam mengembangkan ide, imajinasi dan daya kreativitasnya dalam menulis teks cerita imajinasi. Berdasarkan pada hal tersebut solusi yang dapat diterapkan yaitu dengan penggunaan model copy the master berbantuan media film animasi sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis teks cerita imajinasi bagi peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana proses pembelajaran keterampilan menulis teks cerita imajinasi bermuatan nilai toleransi melalui penggunaan model copy the master berbantuan media film animasi?, (2) bagaimana peningkatan keterampilan menulis teks cerita imajinasi bermuatan nilai toleransi setelah diterapkannya model copy the master berbantuan media film animasi?, (3) Bagaimana perubahan sikap dan perilaku peserta didik setelah dilakukan pembelajaran menulis teks cerita imajinasi bermuatan nilai toleransi melalui penggunaan model copy the master berbantuan media film animasi?. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model yang digunakan merupakan model spiral Kemmis dan Mc Taggart. Pada penelitian tindakan kelas yang dilakukan terbagi menjadi dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian yang dilaksanakan menggunakan pendekatan penelitian campuran (kuantitatif dan kualitatif). Metode dalam penelitian yaitu metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini terdiri atas 2 variabel yakni variabel bebas (model copy the master berbantuan media film animasi) dan variabel terikat (peningkatan keterampilan menulis teks cerita imajinasi bagi peserta didik kelas VII D SMP Negeri 11 Semarang). Subjek penelitian yang dilakukan oleh peneliti ada 2 yakni keterampilan menulis teks cerita imajinasi sebelum dan sesudah diterapkannya model copy the master berbantuan media film animasi, dengan objek penelitiannya adalah pendidik dan peserta didik. Indikator kerja dalam penelitian ini ada 2 yakni indikator kuantitatif yang diimplementasikan melalui parameter keberhasilan peserta didik secara klasikal (bila nilai keterampilan menulis teks cerita imajinasi peserta didik dalam satu kelas 80 % ix rata-ratanya sebesar 72) dan secara individual (bila nilai keterampilan menulis teks cerita imajinasi peserta didik secara individu minimal 75). Wujud data dalam penelitian ini yaitu berupa hasil belajar peserta didik dalam menulis cerita imajinasi dan informasi. Teknik pengumpulan data melalui teknis tes yang diwujudkan dengan instrumen penilaian cerita imajinasi dan teknik non tes yang terdiri atas observasi, wawancara, angket, catatan lapangan dan dokumentasi. Pada penelitain ini instrument penelitian ada 2 yakni instrumen tes (rubrik penilaian menulis teks cerita imajinasi) dan instrumen non tes (pedoman wawancara, lembar observasi, lembar angket, catatan lapangan dan dokumentasi). Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model copy the master berbantuan media film animasi dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerita imajinasi bagi peserta didik kelas VII D SMP Negeri 11 Semarang. Hal tersebut dibuktikan dengan proses pembelajaran pada kelas VII D menjadi kondusif dan antusiasme serta semangat peserta didik meningkat dibandingkan dengan sebelumnya. Keantusiasan dan semangat peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran berkesinambungan dengan hasil keterampilan menulis cerita imajinasi yang meningkat dibandingkan dengan sebelumnya. Nilai peserta didik sebelum dilakukan tindakan penanganan dengan model copy the master berbantuan media film animasi sangat rendah yakni berkisar antara 0-50. Setelah diterapkannya model copy the master berbantuan media film animasi pada siklus I, nilai keterampilan menulis cerita imajinasi peserta didik meningkat menjadi 83 (nilai terendah) dan 93 (nilai tertinggi), sedangkan pada siklus II hasil keterampilan menulis teks cerita imajinasi peserta didik juga mengalami peningkatan yakni 81 (nilai terendah) dan 96 (nilai tertingi). Setelah diterapkannya model copy the master berbantuan media film animasi, 100% peserta didik dapat lulus KKM yang ditentukan oleh pendidik. Peningkatan hasil keterampilan menulis teks cerita imajinasi juga sejalan dengan peningkatan sikap toleransi antar peserta didik dan peserta didik dengan pendidik. Peserta didik yang semula selalu mencemooh satu sama lain kini menjadi lebih mengerti dan paham terkait pentingnya toleransi baik dalam proses pembelajaran, pertemanan maupun dalam aspek agama. Saran yang dapat diberikan berdasarkan penelitian ini adalah (1) Pendidik bahasa Indonesia hendaknya selalu mengembangkan kreativitas dan mengikuti keterbaharuan model pembelajaran yang tepat untuk setiap materi pembelajaran, sehingga peserta didik tidak lagi mengalami kebosanan dengan model-model pembelajaran yang diterapkan oleh pendidik, (2) model copy the master berbantuan media film animasi bermuatan nilai toleransi dapat dijadikan sebagai solusi untuk pembelajaran menulis sastra dan menulis teks-teks kreatif utamanya teks cerita imajinasi, (3) penelitian ini dapat menjadi landasan dan referensi bagi peneliti-peneliti selanjutnya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, teks cerita imajinasi, model copy the master, film animasi dan nilai toleransi
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 11 Dec 2019 18:35
Last Modified: 11 Dec 2019 18:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33781

Actions (login required)

View Item View Item