PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS EKSPOSISI BERMUATAN MULTIKULTURAL DALAM PENGUATAN KARAKTER NASIONALIS PESERTA DIDIK SMK KELAS X


Riyadi Widhiyanto, 2101415101 (2019) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS EKSPOSISI BERMUATAN MULTIKULTURAL DALAM PENGUATAN KARAKTER NASIONALIS PESERTA DIDIK SMK KELAS X. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS EKSPOSISI BERMUATAN MULTIKULTURAL DALAM PENGUATAN KARAKTER NASIONALIS PESERTA DIDIK SMK KELAS X]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS EKSPOSISI BERMUATAN MULTIKULTURAL DALAM PENGUATAN KARAKTER NASIONALIS PESERTA DIDIK SMK KELAS X) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Buku pengayaan merupakan salah satu komponen penting dalam pencapaian pendidikan nasional, namun pada realitasnya tidak semua sekolah sudah menggunakan buku pengayaan utamanya dalam pembelajaran teks eksposisi. Berdasarkan hasil observasi di SMK Negeri 4 Kendal, SMK Perwari Kendal, dan SMK NU 03 Kaliwungu, Kendal, diketahui bahwa dalam pembelajaran menulis teks eksposisi, pendidik dan peserta didik hanya mengacu pada buku teks Bahasa Indonesia kelas X terbitan Kemendikbud. Materi yang disajikan pada buku teks tersebut masih bersifat umum dan kurang lengkap sehingga membuat belum tercapainya kompetensi dasar menulis teks eksposisi. Salah satu kesulitan peserta didik adalah mencari bahan untuk menulis, langkah-langkah menulis yang harus dilakukan dan kurangnya contoh-contoh teks eksposisi. Selain itu, pendidikan juga bertanggungjawab untuk membentuk karakter peserta didik sesuai dengan Pancasila yaitu Bhinneka Tunggal Ika. Sebagai negara yang memiliki berbagai macam kebudayaan merupakan salah satu kekayaan dan kelebihan tersendiri, namun jika keragaman budaya itu tidak dikelola dengan baik maka akan menimbulkan konflik horizontal maupun vertikal. Seperti yang akhir-akhir ini terjadi adalah maraknya kasus bullying dan kekerasan antarpelajar. Melihat kondisi tersebut maka perlu adanya penanaman nilai-nilai multikultural pada peserta didik. Salah satu upaya pelaksaan pendidikan berbasis multikultural itu adalah melalui pengintegrasian muatan multikultural dalam materi buku pengayaan menulis teks eksposisi. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis kebutuhan buku pengayaan menulis teks eksposisi bermuatan multikultural dalam penguatan karakter nasionalis untuk peserta didik SMK kelas X; (2) merumuskan prinsip-prinsip penyusunan buku pengayaan menulis teks eksposisi bermuatan multikultural dalam penguatan karakter nasionalis peserta didik SMK kelas X; (3) mengembangkan purwarupa buku pengayaan menyusun teks eksposisi bermuatan multikultural; dan (4) melakukan penilaian dan saran perbaikan dari ahli terhadap purwarupa yang telah dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research and development (R&D) dengan prosedur penelitian yang dilakukan, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan informasi, (3) desain purwarupa, (4) uji validasi purwarupa, dan (5) revisi purwarupa. Subjek penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik SMK untuk memperoleh data kebutuhan dan dosen ahli pada bidang pengembangan buku pengayaan dan bidang pembelajaran bahasa untuk memperoleh data uji validasi produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan ix meliputi (1) teknik wawancara semiterstruktur; (2) teknik angket, dan (3) teknik angket uji validasi. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dan dikelompokkan menjadi dua kelompok data, yaitu data analisis kebutuhan buku pengayaan dan data hasil uji validasi. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah analisis kebutuhan peserta didik dan pendidik yang dikelompokkan berdasarkan aspek-aspek pertanyaan, yaitu (1) aspek kebutuhan buku pengayaan menulis teks eksposisi bermuatan multikultural, (2) aspek materi atau isi, (3) aspek muatan multikultural, (4) aspek nilai karakter nasionalis, (5) aspek penyajian, (6) aspek kebahasaan dan keterbacaan, dan (7) aspek grafika. Setelah menemukan karakteristik kebutuhan pendidik dan peserta didik, langkah kedua adalah merumuskan prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan yang terdiri atas (1) prinsip pengembangan pada aspek materi meliputi prinsip kelengkapan, prinsip kesesuaian, dan prinsip muatan multikultural, (2) prinsip pengembangan pada aspek penyajian meliputi prinsip keruntutan dan prinsip kebaruan, (3) prinsip pengembangan pada aspek kebahasaan dan keterbacaan meliputi prinsip kemudahan, prinsip kesesuaian, prinsip kekomunikatifan dan prinsip kebakuan, (3) prinsip pengembangan pada aspek grafika meliputi prinsip kesesuaian, prinsip kemenarikan, dan prinsip kekonsistenan. Setelah prinsip-prinsip pengembangan buku dirumuskan, tahap berikutnya adalah pembuatan purwarupa buku pengayaan menulis teks eksposisi bermuatan multikultural. Adapun purwarupa yang dikembangkan mengacu pada Permendikbud Nomor 8 Tahun 2016 tentang buku yang digunakan oleh satuan pendidikan yang memenuhi unsur (1) kulit buku, (2) bagian awal, (3) isi, dan (4) bagian akhir. Purwarupa buku pengayaan yang telah dikembangkan kemudian diuji validasi oleh ahli. Adapun hasil yang penilaian yang diperoleh, yaitu penilaian aspek materi atau isi sebanyak 88.75, penilaian aspek penyajian sebanyak 89.06, penilaian aspek kebahasaan dan keterbacaan sebanyak 83.33, dan penilaian aspek grafika sebanyak 80. Secara keseluruhan purwarupa buku pengayaan menulis teks eksposisi bermuatan multikultural termasuk ke dalam kategori sangat baik. Selain itu, ada beberapa saran yang diberikan oleh dosen ahli yang dijadikan dasar perbaikan purwarupa buku pengayaan yang dikembangkan di antaranya, (1) memperbaiki gambar sampul, (2) memperbaiki sumber foto, dan (3) memperbaiki diksi dan kalimat yang kurang tepat. Berdasarkan temuan di atas, peneliti merekomendasikan beberapa saran, yaitu pertama peserta didik hendaknya menggunakan buku pengayaan keterampilan untuk guna meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi dan semakin menyadari pentingnya persatuan dalam keragaman budaya. Kedua, pendidik hendaknya juga menanamkan nilai muatan multikultural serta melaksanakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pada peserta didik. Ketiga, peneliti lain perlu mengadakan penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektifan buku pengayaan menulis teks eksposisi bermuatan multikultural ini sehingga dapat digunakan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku pengayaan; menulis teks eksposisi; muatan multikultural; penguatan karakter nasionalis.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 11 Dec 2019 18:36
Last Modified: 11 Dec 2019 18:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33780

Actions (login required)

View Item View Item