PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIPA TINGKAT DASAR PADA KOMPETENSI PENGENALAN DIRI BERMUATAN NILAI SOSIAL


Regina Budi Eka Putri, 2101415097 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIPA TINGKAT DASAR PADA KOMPETENSI PENGENALAN DIRI BERMUATAN NILAI SOSIAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIPA TINGKAT DASAR PADA KOMPETENSI PENGENALAN DIRI BERMUATAN NILAI SOSIAL]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIPA TINGKAT DASAR PADA KOMPETENSI PENGENALAN DIRI BERMUATAN NILAI SOSIAL) - Published Version
Download (607kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang dilakukan dalam pembelajaran BIPA sangat memerlukan alat pendukung meliputi bahan ajar, materi aja, fasilitas, dan media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan alat pendukung proses pembelajaran, yang berfungsi sebagai alat bantu, alat peraga, media penyampaian informasi, dan sarana komunikaasi antar pengajar dengan pemelajar. Penggunaan media pembelajaran yang tepat dan sesuai menjadi pendukung utama dalam tercapainya tujuan pembelajaran. Media pembelajaran untuk pemelajar asing khususnya pemelajar BIPA tingkat dasar memerlukan perhatian lebih, hal ini karena pemelajar asing pada tingkat dasar memerlukan media pembelajaran yang lebih aktraktif . Namun, pada umumnya penggunaan media tidaklah selalu dipersiapkan oleh pengajar, karena terbatasnya bahan media serta materi pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan media pembelajaran. Oleh karena itu, salah satu solusi dari permasalahan tersebut adanya pengkajian mengenai penggunaan media pembelajaran BIPA khususnya untuk tingkat dasar. Hal ini digunakan sebagai pemantauan proses pembelajaran BIPA dengan penggunaan media pembelajaran. Permasalah penelitian meliputi (1) bagaimana kebutuhan media Pembelajaran BIPA bagi Pemelajar Asing Tingkat Dasar? (2) bagaimana prototipe pengembangan media pembelajaran BIPA tingkat dasar pada kompetensi pengenalan diri bermuatan nilai sosial? (3) bagaimana penilaian para ahli terhadap media pembelajaran BIPA tingkat dasar pada kompetensi pengenalan diri bermuatan nilai sosial ?. Tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan kebutuhan media pembelajaran BIPA tingkat dasar pada kompetensi pengenalan diri bermuatan nilai sosial, mendeskripsikan prototipe pengembangan media pembelajaran BIPA tingkat dasar pada kompetensi pengenalan diri bermuatan nilai sosial, mendeskripsikan hasil penilaian ahli terhadap media pembelajaran BIPA tingkat dasar pada kompetensi pengenalan diri bermuatan nilai sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian yang dilakukan melalui lima langkah penelitian meliputi (1) menggali potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desai produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain. Pengumpulan data kebutuhan pengembangan media pembelajaran BIPA menggunakan angket dan wawancara pada pemelajar asing dan pengajar BIPA untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat serta dapat vii memperkuat hasil jawaban pada angket. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsiskan menggunakan pemaparan untuk menarik kesipulan data dengan tidak melalui angka. Setelah pelaksanaan penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut (1) kebutuhan media pembelajaran BIPA tingkat dasar masih belum dapat terpenuhi dan masih terkendala dengan kurangnya bahan untuk mempersiapkan media pembelajaran pada setiap aspek keterampilan berbahasa. (2) deskripsi mengenai prototipe pengembangan media pembelajaran BIPA tingkat dasar pada kompetensi pengenalan diri bermuatan nilai sosial (3) deskripsi hasil penilaian para ahli terhadap media pembelajaran BIPA tingkat dasar pada kompetensi pengenalan diri bermuatan nilai sosial . Saran penelitian meliputi beberapa hal sebagai berikut (1) pengajar BIPA dapat menggunakan media pembelajaran pada materi mengenai pengenalan diri meliputi perkenalan, pengenalan kosakata, kata benda dan materi mengenai perilaku hidup sosial dan sosial budaya di lingkungan masyarakat, (2) hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh pemerhati bahasa terkhusus pada lembaga-lembaga yang berhubungan dengan pembelajaran BIPA untuk mendalami penggunaan media pembelajaran BIPA khususnya pada tingkat dasar bermuatan nilai sosial

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, pembelajaran BIPA, nilai sosial
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 11 Dec 2019 18:44
Last Modified: 11 Dec 2019 18:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33778

Actions (login required)

View Item View Item