MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS VIII
Nafiyatun Naimah , 2101415087 (2019) MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS VIII. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS VIII)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kompetensi dasar pembelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013 yang harus dicapai siswa SMP kelas VIII pada aspek menulis yaitu menyajikan gagasan dan pendapat dalam bentuk teks eksposisi secara tulis dengan memerhatikan struktur, dan unsur kebahasaan. Permasalahan yang dapat menghambat proses pembelajaran menulis teks eksposisi adalah pemilihan diksi masih rendah, sulit menentukan topik, peserta didik kurang fokus, dan kesulitan mengembangkan paragraf. Penggunaan media dan model pembelajaran yang tepat dan sesuai akan mempengaruhi keefektifan pembelajaran di kelas serta memotivasi siswa lebih aktif dan kreatif. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan keefektifan pembelajaran menulis teks eksposisi menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan media video berita pada siswa kelas VIII. (2) Mendeskripsikan keefektifan pembelajaran menulis teks eksposisi menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan media video iklan layanan masyarakat pada siswa kelas VIII. (3) Mendeskripsikan perbedaan proses pembelajaran menulis teks eksposisi menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan media berita dan proses pembelajaran menulis teks eksposisi menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan media video iklan layanan masyarakat pada siswa kelas VIII. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental (eksperimen semu) yaitu Nonequivalent Control Group Design. Metode pemilihan sampel dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling (sampel bertujuan). Sampel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII D SMP Negeri 21 Semarang (kelas eksperimen) dan kelas VIII E SMP Negeri 21 Semarang (kelas kontrol). Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan media video berita dengan model pembelajaran berbasis masalah, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan media video iklan pelayanan masyarakat dengan model pembelajaran berbasis masalah. Sebelum diberi perlakuan, diberi tes awal untuk mengetahui kondisi awal siswa. Selanjutnya setelah diberi perlakuan, siswa diberi tes akhir untuk mengetahui kemampuan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pada kelas eksperimen nilai rata-rata tes awal mencapai 64,53% dan nilai rata-rata tes akhir mencapai 88,09%, sedangkan pada aspek keterampilan nilai rata-rata tes awal mencapai 66,31% dan nilai rata-rata tes akhir mencapai 83,18%.. Adapun pada kelas kontrol diperoleh vii nilai rata-rata tes awal mencapai 73,19% dan nilai rata-rata tes akhir mencapai 76,34%, sedangkan pada aspek keterampilan nilai rata-rata tes awal mencapai 71,81% dan nilai rata-rata tes akhir mencapai 77,78%. Hasil tes akhir kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan kelas kontrol, sehingga media yang efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi adalah video berita. Selain itu, dari hasil observasi menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa ke arah positif. Peneliti menyarankan agar guru bahasa Indonesia menggunakan media video berita dalam pembelajaran menulis teks eksposisi. Penerapan media tersebut sebaiknya disesuaikan dengan kondisi siswa dan kondisi lingkungan sekolah
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran menulis teks eksposisi, model pembelajaran berbasis masalah. |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 11 Dec 2019 17:55 |
Last Modified: | 11 Dec 2019 17:55 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33774 |
Actions (login required)
View Item |