PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS ANEKDOT BERMUATAN CINTA TANAH AIR UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP PATRIOTISME PADA SISWA SEKOLAH MENEGAH ATAS (SMA)


Rahman Saleh Alfarisi , 2101415085 (2019) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS ANEKDOT BERMUATAN CINTA TANAH AIR UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP PATRIOTISME PADA SISWA SEKOLAH MENEGAH ATAS (SMA). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS ANEKDOT BERMUATAN CINTA TANAH AIR UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP PATRIOTISME PADA SISWA SEKOLAH MENEGAH ATAS (SMA)]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS ANEKDOT BERMUATAN CINTA TANAH AIR UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP PATRIOTISME PADA SISWA SEKOLAH MENEGAH ATAS (SMA)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan dengan observasi lapangan serta wawancara dengan tiga guru bahasa Indonesia dari sekolah dengan latar belakang yang berbeda supaya data yang dihasilkan mempresentasikan kondisi mayoritas siswa dan guru. Ketiga sekolah yang dipilih adalah SMA Negeri 1 Ambarawa, SMA Sudirman, dan SMA Kanisius Baktiawam yang berada di daerah Ambarawa. Berdasarkan observasi dan wawancara tersebut, diterapkannya kurikulum 2013 menyebabkan guru kesulitan dalam penyesuaian, baik dalam kesiapan mengajar maupun dalam kesiapan bahan ajar. Hal itu disebabkan oleh terbatasnya materi baru dan media yang mendukung, terutama pada materi teks anekdot. Jenis teks yang baru menyebabkan guru kesulitan dalam mencari media cocok dengan materi dan tingkatan kelas siswa. Hal ini menyebabkan pengaruh terhadap hasil tulisan siswa yang kurang memuaskan. Relevan dengan kondisi dilapangan tersebut, maka diperlukan adanya buku yang berkaitan dengan materi tersebut. Oleh karena itu, perlu dikembangkan buku pengayaan menulis teks anekdot yang berisikan materi yang sesuai dengan tingkatan kelas siswa serta memberi tambahan wawasan pengetahuan siswa. Penelitian ini membahas beberapa permasalahan, yaitu (1) Bagaimana kebutuhan buku pengayaan menulis teks anekdot bermuatan cinta tanah air untuk guru dan siswa SMA, (2) Bagaimana prinsip pengembangan buku pengayaan menulis teks anekdot bermuatan cinta tanah air untuk siswa SMA, (3) Bagaimana prototipe pengembangan buku pengayaan menulis teks anekdot bermuatan cinta tanah air untuk siswa SMA, (4) Bagaimana penilaian dan perbaikan pengembangan buku pengayaan menulis teks anekdot bermuatan cinta tanah air untuk siswa SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan, research and development (R&D). Pada penelitian ini tahap yang dilakukan hanyalah sampai tahap kelima. Tahapan-tahapan tersebut, antara lain: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain dan (5) revisi desain. Penelitian ini melibatkan dosen ahli, guru serta siswa. Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi dan angket. Wawancara dan observasi dilakukan untuk mengetahui ketersediaan buku pengayaan serta kondisi buku pengayaan menulis teks anekdot di sekolah. Sedangkan angket digunakan untuk mendapatkan data kebutuhan dalam pengembangan buku pengayaan menulis teks anekdot bermuatan cinta ix tanah air untuk menumbuhkan sikap patriotisme dan digunakan untuk mengetahui saran dan perbaikan yang harus dilakukan. Angket yang digunakan untuk mendapatkan data kebutuhan ditujukan kepada guru dan siswa angket ini biasa disebut angket kebutuhan. Sedangkan angket yang digunakan untuk mengetahui saran dan perbaikan yang harus dilakukan ditujukan kepada dosen ahli angket ini biasa disebut angket uji validasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, hasil analisis kebutuhan siswa dan guru terhadap pengembangan buku pengayaan menulis teks anekdot bermuatan cinta tanah air yang menghasilkan prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan. Guru dan siswa berharap buku pengayaan yang sesuai dengan tingkatan siswa, disusun dengan bahasa yang mudah dimengerti dan diberi materi yang lengkap serta contoh-contoh teks anekdot yang menumbuhkan nilai cinta tanah air. Kedua, prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan menulis teks anekdot bermuatan cinta tanah air ditetapkan menjadi 5 aspek pengembangan buku, antara lain: (1) aspek materi, (2) aspek penyajian materi, (3) aspek bahasa, (4) aspek grafika dan (5) aspek muatan cinta tanah air. Ketiga, prototipe buku pengayaan menulis teks anekdot bermuatan cinta tanah air. Buku pengayaan ini terdiri dari, kulit buku, bagian awal, bagian isi, dan bagian akhir. Adapun unsur kulit buku terdiri atas (1) kulit depan, (2) kulit belakang, dan (3) punggung buku. Selanjutnya, pada bagian awal terdiri atas empat komponen, yaitu (1) halaman judul, (2) halaman penerbitan, (3) halaman prakata, dan (4) daftar isi. Sedangkan pada bagian isi terdiri dari 4 bab, yaitu (1) Mengenal Cinta Tanah Air melalui Teks Anekdot, (2) Cinta Tanah Air dan Patriotisme, (3) Teknik Penciptaan Humor dan Langkah-langkah Menulis Teks Anekdot, (4) Contoh-contoh Teks Anekdot Bermuatan Cinta Tanah Air. Terakhir bagian akhir buku berisikan mengenai profil penulis, glosarium dan daftar pustaka. Pada profil penulis berisikan identitas penulis buku pengayaan menulis teks anekdot bermuatan cinnta tanah air. Keempat, hasil penilaian terhadap prototipe buku pengayaan menulis teks anekdot bermuatan cinta tanah air yang dilakukan oleh dosen ahli. Pada aspek kelayakan materi diperoleh hasil pada buku pengayaan menulis teks anekdot bermuatan cinta tanah air bagi siswa SMA kelas X dengan nilai rata-rata 75,575, sehingga pada aspek kelayakan materi tergolong dalam kategori baik. Pada aspek kelayakan penyajian materi diperoleh hasil pada buku pengayaan menulis teks anekdot bermuatan cinta tanah air bagi siswa SMA kelas X dengan nilai rata-rata 78,125, sehingga pada aspek kerlayakan penyajian materi dalam kategori baik. Pada aspek kelayakan bahasa dan keterbacaan diperoleh hasil pada buku pengayaan menulis teks anekdot bermuatan cinta tanah air bagi siswa SMA kelas X dengan nilai rata-rata 79,16, sehingga pada aspek kelayakan bahasa dan keterbacaan termasuk dalam kategori baik. Pada aspek kelayakan grafika diperoleh hasil pada buku pengayaan menulis teks anekdot bermuatan cinta tanah air bagi siswa SMA kelas X dengan nilai rata-rata 75, sehingga pada aspek kelayakan grafika termasuk dalam kategori baik. Pada aspek kelayakan muatan cinta tanah air diperoleh hasil pada buku pengayaan menulis teks anekdot bermuatan cinta tanah air bagi siswa SMA kelas X dengan nilai rata-rata 75,83 sehingga pada aspekkelayakan muatan cinta tanah air termasuk dalam kategori baik. Kelima, perbaikan berdasarkan penilaian dan saran perbaikan dosen ahli,peneliti melakukan perbaikan pada buku pengayaan menulis teks anekdot bermuatan cinta tanah air, yaitu (1) langkah muatan cinta tanah air belum ada, (2) penekanan pada langkah menulisnya kurang kuat, (3) teori terlalu banyak dan tidak langsung bisa dicerna siswa, (4) teks anekdot dimunculkan di awal semua teori berangkat dari contoh yang konkret (5) bagian teori menulis dibagi menjadi tiga bab untuk menambah penekanan langkah menulis teks anekdot, (6) penyajian teori didasarkan dari konkret ke abstrak, (7) di tambahkan indeks, (8) warna yang terdapat cover buku diberi lebih dari dua warna, (9) ilustrasi pada kover buku kurang menarik, (10) judul yang digunakan terlalu formal, (11) kalimat “Untuk Peserta Didik SMA/SMK/MA Kelas X” dan “Disusun Oleh” dihilangkan, (12) tata letak nomor dibuat kanan kiri, (13) huruf yang digunakan dalam buku pengayaan diganti, (14) Ukuran buku diganti B5, (15) Warna yang terdapat pada isi lebih dari dua warna sama seperti kover/sampul buku. Berdasarkan temuan peneliti diatas, peneliti merekomendasikan beberapa saran, yaitu (1) Guru hendaknya mempersiapkan dengan baik perangkat pembelajaran sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, agar proses pembelajaran lebih optimal dan bermakna. (2) siswa untuk terus berusaha memotivasi diri dan meningkatkan kreativitas dalam menulis. (3) sekolah harus lebih memberikan dorongan kepada siswa dalam kegiatan menulis, khususnya kegiatan menulis teks anekdot bermuatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan, menulis, teks anekdot, cinta tanah air, sikap patriotisme.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 11 Dec 2019 17:56
Last Modified: 11 Dec 2019 17:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33773

Actions (login required)

View Item View Item