WACANA IKLAN JASA KOMERSIAL SITUS JUAL BELI ONLINE BUKALAPAK


Muhammad Fauzan, 2101415082 (2019) WACANA IKLAN JASA KOMERSIAL SITUS JUAL BELI ONLINE BUKALAPAK. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of WACANA IKLAN JASA KOMERSIAL SITUS JUAL BELI ONLINE BUKALAPAK]
Preview
PDF (WACANA IKLAN JASA KOMERSIAL SITUS JUAL BELI ONLINE BUKALAPAK) - Published Version
Download (715kB) | Preview

Abstract

Kegiatan periklanan terus berkembang dan tanpa disadari telah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Perkembangan iklan tidak terlepas dari kreativitas iklan. Kreativitas iklan semakin beragam, sehingga tampilan sebuah iklan telah mengalami perubahan. Perubahan tersebut menyebabkan sekarang ini konsumen kesulitan untuk memahami secara kontekstual dalam iklan disebabkan orang sulit memahami bahasa dan struktur iklan seperti iklan di situs jual beli online Bukalapak. Wacana iklan jasa komersial situs jual beli online Bukalapak merupakan iklan yang dibuat oleh Bukalapak sebagai daya tarik kepada konsumen untuk menggunakan jasa-jasa yang terdapat dalam situs jual beli online Bukalapak. Tujuan penelitian ini meliputi: (1) menganalisis karakteristik struktur teks iklan jasa komersial situs jual beli online Bukalapak. (2) menganalisis tipologi pesan persuasif dalam wacana iklan jasa komersial situs jual beli online Bukalapak, dan (3) menganalisis teknik persuasif dalam wacana iklan jasa komersial situs jual beli online Bukalapak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada pendapat Sudaryanto. Subjek penelitian ini adalah iklan jasa komersial situs jual beli online Bukalapak. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak, dan catat. Teknik dasarnya adalah teknik simak bebas libat cakap, penjaringan data dapat dilakukan dengan menyimak penggunaan bahasa tanpa ikut berpartisipasi dalam proses pembicaraan atau pembuatan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode padan. Teknik dalam metode padan yang digunakan pada penelitian ini, teknik padan referensial, dan teknik padan otografis dengan daya pilah otografis. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian ini meliputi struktur teks iklan jasa komersial situs jual beli online Bukalapak menggunakan empat struktur teks. Keempat struktur teks iklan tersebut meliputi headline, ilustrasion, bodycopy, dan signature line. Dari 92 jumlah keseluruhan data yang dianalisis struktur teks iklan cenderung tidak lengkap, karena tidak ada unsur pembentuk struktur standing details. Tipologi pesan persuasif pada iklan jasa komersial situs jual beli online Bukalapak meliputi isi pesan persuasif, struktur pesan, dan format pesan. 85 iklan mengandung isi pesan bias, 7 iklan mengandung isi pesan tidak bias. Stuktur pesan secara keseluruhan menggunakan struktur klimaks. Format pesan menggunakan satu sisi. Teknik persuasif dalam wacana iklan jasa komersial situs jual beli online Bukalapak terdiri atas teknik sugesti dan teknik konformitas. Dari data iklan yang dianalisis selalu diawali dengan teknik sugesti, dan kemudian teknik konformitas. Untuk teknik rasionalisasi, identifikasi, kompensasi, subtitusi, dan proyeksi tidak ditemukan dalam iklan jasa komersial situs jual beli online Bukalapak. Berdasarkan temuan peneliti di atas, peneliti merekomendasikan beberapa saran, yaitu (1) bagi pembuat iklan atau produsen dalam menciptakan iklan harus lebih memperhatikan struktur iklan yang lengkap. Dalam menciptakan iklan untuk menarik konsumen ciptakan iklan yang menarik dari struktur teks iklan, tipologi pesan perusasif, dan teknik persuasif. (2) bagi peneliti yang akan meniliti tentang wacana iklan jasa komersial, mengingat banyaknya permasalahan yang berkaitan dengan bahasa, maka hendaknya permasalahan tersebut mendapat perhatian untuk diteliti lebih lanjut. Misalnya penggunaan gaya bahasa iklan jasa komersial, struktur kalimat, keefektifan kalimat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: wacana iklan, struktur teks iklan, tipologi pesan persuasif dan teknik persuasif
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 11 Dec 2019 17:56
Last Modified: 11 Dec 2019 17:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33772

Actions (login required)

View Item View Item