PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI MODEL ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION (ARIAS) DENGAN MEDIA GAMBAR BERMUATAN KEBUDAYAAN LOKAL BAGI SISWA KELAS VII SMP


Setyo Ayu Wulandari , 2101415075 (2019) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI MODEL ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION (ARIAS) DENGAN MEDIA GAMBAR BERMUATAN KEBUDAYAAN LOKAL BAGI SISWA KELAS VII SMP. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI MODEL ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION (ARIAS) DENGAN MEDIA GAMBAR BERMUATAN KEBUDAYAAN LOKAL BAGI SISWA KELAS VII SMP]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI MODEL ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION (ARIAS) DENGAN MEDIA GAMBAR BERMUATAN KEBUDAYAAN LOKAL BAGI SISWA KELAS VII SMP) - Published Version
Download (940kB) | Preview

Abstract

Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan/atau suasana pentas seni daerah) adalah salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VII SMP. Namun, pendidik masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional sehingga peserta didik kurang tertarik pada proses pembelajaran menulis teks deskripsi. Pendidik juga masih kurang dalam hal penggunaan media pembelajaran. Selain itu, pendidik juga perlu memperhatikan pentingnya penanaman karakter pada peserta didik. Oleh karena itu, perlu dikembangkan pembelajaran menulis teks deskripsi dengan model pembelajaran yang dikombinasikan dengan media bermuatan kebudayaan lokal untuk kelas VII SMP. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kebutuhan pendidik dan peserta didik terhadap pengembangan pembelajaran menulis teks deskripsi melalui model Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS) dengan media gambar bermuatan kebudayaan lokal bagi peserta didik kelas VII SMP, (2) bagaimana prototipe pengembangan pembelajaran menulis teks deskripsi melalui model Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS) dengan media gambar bermuatan kebudayaan lokal bagi peserta didik kelas VII SMP, (3) bagaimana komentar dan saran perbaikan terhadap produk pengembangan pembelajaran menulis teks deskripsi melalui model Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS) dengan media gambar bermuatan kebudayaan lokal pada pembelajarn menulis teks deskripsi kelas VII SMP, (4) bagaimana hasil perbaikan prototipe produk pengembangan pembelajaran menulis teks deskripsi melalui model Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS) dengan media gambar bermuatan kebudayaan lokal pada pembelajarn menulis teks deskripsi kelas VII SMP. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsi analisis kebutuhan pendidik dan peserta didik terhadap pengembangan pembelajaran menulis teks deskripsi melalui model Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS) dengan media gambar bermuatan kebudayaan lokal bagi peserta didik kelas VII SMP, (2) mendeskripsi prototipe awal pengembangan pembelajaran menulis teks deskripsi melalui model Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS) dengan media gambar bermuatan kebudayaan lokal bagi ix peserta didik kelas VII SMP, (3) mendeskripsi komentar dan saran perbaikan terhadap produk pengembangan pembelajaran menulis teks deskripsi melalui model Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS) dengan media gambar bermuatan kebudayaan lokal pada pembelajarn menulis teks deskripsi kelas VII SMP, (4) mendeskripsi hasil perbaikan prototipe produk pengembangan pembelajaran menulis teks deskripsi melalui model Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS) dengan media gambar bermuatan kebudayaan lokal pada pembelajarn menulis teks deskripsi kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Develophment (R&D) yang disesuaikan dengan kebutuhan peneliti. Tahapan-tahapan penelitian tersebut adalah (1) potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik dan pendidik. Data diperoleh dari angket dan lembar wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Setelah penelitian ini terlaksana, hasil penelitian diperoleh (1) berdasarkan analisis kebutuhan pendidik dan peserta didik, diketahui bahwa pendidik dan peserta didik membutuhkan pengembangan pembelajaran menulis teks deskripsi melalui model assurance, relevance, interest, assessment, satisfaction (ARIAS) dengan media gambar bermuatan kebudayaan lokal bagi siswa kelas VII SMP, (2) prototipe pengembangan pembelajaran menulis teks deskripsi melalui model Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS) dengan Media Gambar Bermuatan Kebudayaan Lokal Bagi Peserta didik Kelas VII SMP terdiri atas tiga bagian, yaitu bagian pembuka, bagian isi, dan bagian penutup. Bagian pembuka berisi sampul buku, prakata, dan daftar isi. Sampul buku dirancang dengan kombinasi warna yang tidak terlalu mencolok. Pada bagian sampul, terdapat gambar Benteng Van Der Wijch yang merupakan salah satu tempat bersejarah di Kebumen. Bagian isi memuat pendahuluan, penjelasan mengenai model ARIAS, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Pada rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) dipaparkan mengenai kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran (secara garis besar), metode pembelajaran, kegiaatan pembelajaran, penilaian proses dan hasil belajar, media/alat, bahan, sumber belajar, lembar penilaian sikap, lembar penilaian aspek keterampilan, dan penjelasan materi pembelajaran. Bagian penutup memuat daftar pustaka. (3) pada tahap penilaian protoipe. Aspek-aspek yang dinilai pada tahap ini, yaitu (a) karakteristik model pembelajaran, (b) silabus, (c) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (d) materi pembelajaran, (e) sistem penilaian, (f) media pembelajaran, dan (g) muatan pembelajaran. Hasil penilaian dan saran perbaikan tersebut dijadikan sebagai acuan ketika menyusun perbaikan dari prototipe sebelumnya. Perbaikan yang disarankan adalah pada pengemasan dan subtansi dari buku panduan yang meliputi teknik pelaksanaan pembelajaran, media yang digunakan, dan materi pembelajaran. Komentar dan saran perbaikan dasi validator digunakan sebagai acuan perbaikan terhadap produk sebelumnya, (4) perbaikan yang dilakukan, yaitu (a) judul pada cover buku, (b) pemaparan unsur-unsur model ARIAS, (c) silabus dan RPP disusun lebih sistematis, (d) peneliti memilih beberapa gambar yang x memiliki tingkat kejelasan lebih tinggi agar informasi yang diperoleh peserta didik lebih detail, (e) Teknik disusun lebih sistematis berdasarkan unsur-unsur model pembelajaran dan prinsip-prinsip pembelajaran. Saran yang direkomendasikan peneliti adalah (1) pendidik hendaknya menyusun desain pembelajaran yang mempertimbangkan kebutuhan peserta didik, sehingga peserta didik lebih merasa tertarik selama proses pembelajaran menulis teks deskripsi. Produk pengembangan pembelajaran menulis teks deskripsi melalui model pembelajaran assurance, relevance, interest, assessment, satisfaction (ARIAS) dengan media gambar bermuatan kebudayaan lokal bagi peserta didik kelas VII SMP hendaknya dapat digunakan oleh pendidik sebagai pilihan desain pembelajaran yang mampu menciptakan pembelajaran lebih menarik bagi peserta didik, (2) selain dampak instruksional, pendidik perlu memperhatikan dampak pengiring bagi peserta didik. Nilai-nilai kebaikan perlu ditanamakan pada peserta didik selama proses pembelajaran. Salah satunya adalah penanaman rasa cinta pada kebudayaan daerahnya, (3) perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menguji produk pengembangan pembelajaran menulis teks deskripsi dibutuhkan model pembelajaran assurance, relevance, interest, assessment, satisfaction (ARIAS) dengan media gambar bermuatan kebudayaan lokal bagi peserta didik kelas VII SMP agar dapat digunakan secara maksimal

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran menulis, teks deskripsi, model ARIAS, media gambar, kebudayaan lokal.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 11 Dec 2019 16:19
Last Modified: 11 Dec 2019 16:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33771

Actions (login required)

View Item View Item