KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DAN PERAIHAN KONSEP DENGAN MEDIA PETA PIKIRAN PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI KELAS VIII


Ika Nuranti, 2101415063 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DAN PERAIHAN KONSEP DENGAN MEDIA PETA PIKIRAN PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI KELAS VIII. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DAN PERAIHAN KONSEP DENGAN MEDIA PETA PIKIRAN PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI KELAS VIII]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DAN PERAIHAN KONSEP DENGAN MEDIA PETA PIKIRAN PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI KELAS VIII) - Published Version
Download (684kB) | Preview

Abstract

Model treffinger dan model peraihan konsep merupakan model pembelajaran berbasis masalah yang menitikberatkan pada kemampuan berpikir kritis dan keaktifan yang terfokus pada siswa. Langkah kedua model tersebut sesuai diterapkan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis melalui masalah yang dimunculkan untuk kemudian ditentukan solusi yang dituangkan dalam teks persuasi. Dalam kedua model pembelajaran ini, siswa diharapkan memiliki beberapa kompetensi diantaranya mengorganisasikan pengetahuan sebelumnya, memunculkan ide, memecahkan permasalahan, dan mengemukakan hasil dalam bentuk tulisan teks persuasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan model treffinger dan model peraihan konsep dalam pembelajaran menulis teks persuasi dengan media peta pikiran pada siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini mengkaji permasalahan tentang keefektifan model treffinger dan model peraihan konsep dengan media peta pikiran, serta perbandingan keefektifan model treffinger dan model peraihan konsep dengan media peta pikiran dalam pembelajaran menulis teks persuasi pada siswa SMP kelas VIII. Terkait permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil keefektifan model treffinger dan model peraihan konsep dengan media peta pikiran, serta menguji perbandingan keefektifan kedua model tersebut dengan media peta pikiran dalam pembelajaran menulis teks persuasi pada siswa SMP kelas VIII. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi experimental (eksperimen semu) dengan metode Nonequivalent Control Grup Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kesesi dengan sampel kelas VIII-G menjadi kelas eksperimen 1 yang mendapatkan perlakuan model treffinger dengan media peta pikiran, kelas VIII-H menjadi kelas eksperimen 2 yang mendapatkan perlakuan model peraihan konsep dengan media peta pikiran, dan kelas VIII-B menjadi kelas kontrol yang mendapatkan perlakuan tanpa menggunakan model dan media. Terdapat tiga tahap pemberian perlakuan dalam penelitian ini yaitu pretest, pemberian perlakuan, dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukkann bahwa model treffinger dan model peraihan konsep efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks persuasi. Hal itu dibuktikan adanya perbedaan kondisi akhir pada kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen dua berupa hasil perolehan skor pada tes akhir lebih baik daripada perolehan tes awal. Pada uji-t (paired sample t-test) kelas eksperimen 1 diperoleh ix nilai t = -13,280 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima sedangkan pada kelas eksperimen 2 diperoleh nilai t = -4,864 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil perbandingan dengan melakukan uji-t (independent sample t-test), diketahui model treffinger lebih efektif daripada model peraihan konsep. Hasil penghitungan uji independent sample t-test yang pertama yaitu kelas eksperimen 1 dengan kelas kontrol menghasilkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai sig. (2-tailed) lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen 1 dengan kelas kontrol, maka dapat disimpulkan kelas eksperimen 1 lebih efektif dari kelas kontrol. Uji-t yang kedua yaitu kelas eksperimen 2 dengan kelas kontrol menghasilkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,007. Nilai sig. (2-tailed) lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (sig. (2-tailed) = 0,007 < 0,05) yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen 2 dengan kelas kontrol, maka dapat disimpulkan kelas eksperimen 2 lebih efektif dari kelas kontrol. Uji-t yang ketiga untuk mengetahui tingkat keefektifan antara model treffinger dan model peraihan konsep yang menghasilkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,003. Nilai sig. (2-tailed) lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (sig. (2-tailed) = 0,003 < 0,05) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model treffinger lebih efektif dibandingkan dengan model peraihan konsep dalam pembelajaran menulis teks persuasi. Antara model treffinger dan model peraihan konsep jika diperbandingkan lebih bagus model treffinger karena lebih menekankan pada pengembangan keaktifan, memunculkan ide, dan daya berpikir kritis sekaligus keterampilan pemecahan suatu masalah, sedangkan model peraihan konsep lebih menekankan pada pengembangan keaktifan dan pengorganisasian pengetahuan sebelumnya tetapi kurang untuk memunculkan ide dan berpikir kritis serta kreatif pemecahan suatu masalah. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan bagi guru hendaknya menerapkan model treffinger atau model peraihan konsep dengan media peta pikiran sebagai salah satu alternatif untuk mengembangkan keterampilan menulis teks persuasi, serta melakukan adanya inovasi dengan memadukan media pembelajaran lain sesuai pembelajaran yang akan dilakukan dengan memperhatikan materi, alokasi waktu, dan kondisi siswa. Saran bagi peneliti lain hendaknya menggunakan penelitian ini sebagai bahan pijakan untuk melakukan penelitian lebih lanjut terkait model treffinger dan model peraihan konsep.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model treffinger, model peraihan konsep, media peta pikiran, pembelajaran menulis, teks persuasi
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 11 Dec 2019 16:22
Last Modified: 11 Dec 2019 16:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33767

Actions (login required)

View Item View Item