KEEFEKTIFAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI GRAPHIC MOTIONPADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA


Dinda Ayu Setyowati , 2101415062 (2019) KEEFEKTIFAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI GRAPHIC MOTIONPADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI GRAPHIC MOTIONPADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI GRAPHIC MOTIONPADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang berbasis teks sehingga banyak berbagai genre teks yang diajarkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Salah satu genre teks dalam pembelajaran bahasa Indonesia di jenjang Sekolah Menengah Atas pada kelas X adalah teks biografi. Menurut Sutejo (2013:37) kita perlu mengetahui biografi agar kita tidak melupakan jasa dan semangat para inspirator bangsa. Diharapkan melalui teks biografi, seorang tokoh dapat memberikan inspirasi yang positif bagi para peserta didik. Pembelajaran keterampilan menulis teks biografi ini terdapat dalam materi kelas X, yaitu kompetensi dasar 4.15 menceritakan kembali isi teks biografi baik lisan maupun tulis. Kompentensi dasar tersebut merupakan bagian dari keterampilan menulis karena dalam menceritakan kembali isi teks biografi secara tertulis perlu memerhatikan pedoman penulisan. Didalam kurikulum 2013, penerapan pembelajaran banyak menggunakan model yang beragam dan bervariasi untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitas para peserta didik. Dalam mengoptimalkan keterampilan menulis teks biografi, peneliti memilih model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dan pembelajaran berbasis penemuan (discovery learning) karena kedua model pembelajaran tersebut memiliki banyak persamaan diantaranya dapat meningkatkan keaktifan, keterampilan, motivasi, memudahkan peserta didik dalam memecahkan masalah dan guru bertindak sebagai fasilitator. Maka dari permasalahan diatas terdapat rumusan masalah antara lain, 1) bagaimana keefektifan keterampilan menulis teks biografi dengan model project based learning berbantuan media video animasi Graphic Motion pada peserta didik kelas X SMA ? 2) bagaimana keefektifan keterampilan menulis teks biografi dengan model discovery learning berbantuan media video animasi Graphic Motion pada peserta didik kelas X SMA ? 3) manakah yanglebih efektif keterampilan menulis teks biografi dengan menggunakan model Project based learningdan model discovery learning berbantuan media video animasi Graphic Motion pada peserta didik kelas X SMA? Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi yang diambil adalah seluruh peserta didik kelas X di SMAN 6 Semarang dengan mengambil dua sampel sebagai kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Prosedur penelitian antar lain,1) menyebarkan soal pretest kepada kedua kelas eksperimenm 2) memberi perlakuan berupa model project based learning pada kelas eksperimen I dan model discovery learning pada kelas eksperimen II, 3) setelah diberi perlakuan, peserta didik mengerjakan posttest, 4) uji normalitas dan homogenitas pada data yang telah diambil, 5) melakukan uji perbedaan dua rata-rata atau uji t. Hasil dari penelitian tersebut diantaranya, 1) keefektifan menulis teks biografi pada peserta didik kelas X dengan model project based learningberbantuan media video graphic motion pada pembelajaran 2)keefektifan menulis teks biografi pada peserta didik kelas X dengan model discovery learningberbantuan media video graphic motion pada pembelajaran, 3) Adanya perbedaan hasil keterampilan menulis teks biografi pada peserta didik kelas X dengan menggunakan model project based learning dan discovery learning dalam pembelajaran teks biografi kelas X. Saran yang direkomendasikan, yaitu 1) Pada pembelajaran menulis teks biografi dalam Kompetensi dasar 4.15 Menceritakan kembali isi teks biografi secara tulis dengan menggunakan model project based learning sebaiknya mengestimasi waktu yang sesuai dalam merencakan proyek. Hal tersebut bertujuan agar para peserta didik dapat menyelesaikan proyek dengan baik dan tidak mengulur waktu, 2)Dalam pembelajaran menulis teks biografi pada kompetensi dasar 4.15 menceritakan kembali isi teks biografi secara tulis dengan menggunakan discovery learning hendaknya guru mampu memotivasi para peserta didik agar tidak timbul kebosanan ketika menyelesaikan lembar kerja maupun dalam tahap mengumpulkan data. 3) Pada pembelajaran menulis teks biografi dalam model project based learning pada penentuan proyek sebaiknya guru perlu memikirkan proyek yang tidak mengeluarkan biaya yang banyak 4) Bagi guru yang akan mengembangkan sikap tanggung jawab, kreativitas, dan kerja sama akan lebih tepat menerapkan model pembelajaran project based learning. Namun jika ingin meningkatkan sikap percaya diri dapat menggunakan model discovery learning.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: teks biografi, project based learning, discovery learning, graphic motion
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 11 Dec 2019 13:57
Last Modified: 11 Dec 2019 13:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33766

Actions (login required)

View Item View Item