PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYAJIKAN TEKS PERSUASI SECARA TULIS MELALUI MODEL SCAFFOLDING DENGAN MEDIA KARTU CERITA LINGKUNGAN KITA (KARTALITA) PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII A SMP NEGERI 34 SEMARANG


Uli Laela Rahma, 2101415051 (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYAJIKAN TEKS PERSUASI SECARA TULIS MELALUI MODEL SCAFFOLDING DENGAN MEDIA KARTU CERITA LINGKUNGAN KITA (KARTALITA) PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII A SMP NEGERI 34 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYAJIKAN TEKS PERSUASI SECARA TULIS MELALUI MODEL SCAFFOLDING DENGAN MEDIA KARTU CERITA LINGKUNGAN KITA (KARTALITA) PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII A SMP NEGERI 34 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYAJIKAN TEKS PERSUASI SECARA TULIS MELALUI MODEL SCAFFOLDING DENGAN MEDIA KARTU CERITA LINGKUNGAN KITA (KARTALITA) PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII A SMP NEGERI 34 SEMARANG) - Published Version
Download (804kB) | Preview

Abstract

Kemampuan dalam menyajikan teks persuasi pada peserta didik SMP Negeri 34 Semarang masih rendah. Hal tersebut disebabkan karena kemampuan dan tingkat kemauan peserta didik untuk menulis rendah karena pembelajaran yang kurang menarik minat peserta didik. Peserta didik belum mampu menentukan diksi, menentukan diksi, kurangnya kosakata, dan kesulitan merangkai kata – kata. Penggunaan media dan model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang menarik dan membosankan bagi peserta didik. Berdasarkan permasalahan tersebut diharapkan penerapan model scaffolding dengan media kartalita dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menulis teks persuasi. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana proses pembelajaran menyajikan teks persuasi secara tertulis melalui model scaffolding dengan media kartalita pada peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 34 Semarang, (2) Bagaimana perubahan sikap sosial dalam pembelajaran menyajikan teks persuasi secara tulis melalui model scaffolding dengan media kartalita pada peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 34 Semarang, (3) Bagaimana peningkatan kemampuan menyajikan teks persuasi secara tulis melalui model scaffolding dengan media kartalita pada peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 34 Semarang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan penalaran dan praktik dalam sebuah pembelajaran. Pada penelitian tindakan kelas terdapat beberapa siklus dan setiap siklusnya terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitiannya yaitu peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 34 viii Semarang. Instrumen penelitian ini meliputi observasi, wawancara, jurnal dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan teknik kuantitatif. Keterampilan menyajikan teks persuasi secara tulis kelas VIII A SMP Negeri 34 Semarang menunjukkan peningkatan setelah diterapkan model scaffolding dengan media kartalita. Hasil tes pada prasiklus nilai rata – rata yang didapat peserta didik sebesar 47,81 tergolong dalam kategori kurang dan pada siklus I naik dengan rata – rata nilai siklus I yaitu 68,54 tergolong dalam kategori cukup. Selanjutnya pada tahap siklus II juga telah mengalami peningkatan dari siklus I dengan nilai rata – rata 68,54 meningkat menjadi 82,09 tergolong dalam kategori baik. Perubahan perilaku peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 34 Semarang pada pembelajaran menyajikan teks persuasi dengan model scaffolding dengan media kartalita menunjukkan perubahan ke arah yang positif. Perubahan perilaku yang terjadi yaitu sebagian besar peserta didik sudah menunjukkan perilaku positif yaitu peserta didik lebih responsif dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik lebih aktif dalam menulis teks persuasi, peserta didik lebih percaya diri dalam berpendapat dan suasana kegiatan pembelajaran dalam kelas lebih kondusif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran menyajikan teks persuasi secara tulis melalui model scaffolding dengan media kartalita terlaksana dengan baik sehingga mampu meningkatkan keterampilan menulis teks persuasi peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 34 Semarang. Selanjutnya pembelajaran tersebut dapat mengubah perilaku sikap sosial peserta didik ke arah yang lebih positif. Penerapan model scaffolding berbantuan media kartalita dapat digunakan oleh guru bahasa Indonesia yang sebaiknya disesuaikan dengan peserta didik agar memudahkan peserta didik dalam pembelajaran menyajikan teks persuasi secara tertulis. Selain itupenelitian ini juga dapat digunakan untuk bahan perbandingan penelitian lain sehingga dapat diketahui penggunaan model dan media yang baik untuk pembelajaran menyajikan teks persuasi secara tertulis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: teks persuasi; model scaffolding; media kartalita
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 11 Dec 2019 14:01
Last Modified: 11 Dec 2019 14:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33763

Actions (login required)

View Item View Item