KEEFEKTIFAN MODEL THINK TALK WRITE DAN MODEL GENERATIVE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS SURAT PRIBADI BERKEPENTINGAN RESMI BERBANTUAN MEDIA BAGAN ALIR MENULIS PADA SISWA KELAS VII SMP


Tri Oktaviyani , 2101415049 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL THINK TALK WRITE DAN MODEL GENERATIVE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS SURAT PRIBADI BERKEPENTINGAN RESMI BERBANTUAN MEDIA BAGAN ALIR MENULIS PADA SISWA KELAS VII SMP. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL THINK TALK WRITE DAN MODEL GENERATIVE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS SURAT PRIBADI BERKEPENTINGAN RESMI BERBANTUAN MEDIA BAGAN ALIR MENULIS PADA SISWA KELAS VII SMP]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL THINK TALK WRITE DAN MODEL GENERATIVE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS SURAT PRIBADI BERKEPENTINGAN RESMI BERBANTUAN MEDIA BAGAN ALIR MENULIS PADA SISWA KELAS VII SMP) - Published Version
Download (964kB) | Preview

Abstract

Pemilihan model pembelajaran sangat penting demi terciptanya pembelajaran yang efektif. Model pembelajaran merupakan komponen penting dalam suatu pembelajaran. Pembelajaran menulis surat pribadi untuk kepentingan resmi pada kelas VII juga memerlukan model yang efektif dan tepat digunakan. Salah satu surat pribadi untuk kepentingan resmi adalah surat lamaran kerja. Tujuan belajar menulis surat lamaran kerja adalah agar bisa menghasilkan tulisan surat yang baik sesuai dengan prosedur penulisan. Peserta didik kelas VII SMP masih asing dengan surat lamaran kerja, bahkan dapat dikatakan masih sangat minim pengetahuannya dalam menulis surat lamaran kerja. Hal tersebut membuat guru harus memilih model pembelajaran yang tepat agar mendapatkan hasil belajar yang baik. Model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran menulis surat pribadi untuk kepentingan resmi sehingga pembelajaran tersebut menjadi efektif adalah model think talk write dan model generative. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini, yaitu 1) bagaimana keefektifan model think talk write dalam pembelajaran menulis surat pribadi untuk kepentingan resmi pada peserta didik kelas VII SMP, 2) bagaimana keefektifan model generative dalam pembelajaran menulis surat pribadi untuk kepentingan resmi pada peserta didik kelas VII SMP, dan 3) perbedaan hasil belajar menulis surat pribadi untuk kepentingan resmi dengan model think talk write dengan model generative pada siswa kelas VII SMP. ix Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Designs dengan menggunakan jenis Nonequivalent Control Group Design, desain ini hampir sama dengan pretest-postest control group design hanya pada desain ini kelompok eksperimen maupun kelompok tidak dipilih secara random. Desain ini mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) model think talk write efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis surat pribadi untuk kepentingan resmi pada siswa kelas VII SMP. Adapun nilai posttes diperoleh nilai tertinggi 97, nilai terendah 70, dan rata-rata nilai seluruh 85,00, 2) Model generative dalam pembelajaran menulis usurat pribadi untuk kepentingan resmi berbantuan media bagan alir menulis pada siswa kelas VII SMP setelah dilakukan dan dianalisis hasilnya, model ini juga efektif digunakan. Hal ini dibuktikan dengan adanya hasil nilai posttes dari 32 siswa, nilai tertinggi 95, nilai terendah 60, dan rata-rata nilai seluruhnya adalah 77,53, 3) Model think talk write lebih efektif digunakan dibandingkan model generative dalam pembelajaran menulis surat pribadi untuk kepentingan resmi berbantuan media bagan alir meenulis pada siswa kelas VII SMP Negeri 23 Semarang. Diketahui ada perbedaan rata-rata nilai kelompok pembelajaran model think talk write dan model generative. Selisih rata-rata nilai model think talk write dan model generative 7,4. Kelompok pembelajaran model think talk write lebih ungul 7,4 dibandingkan kelompok pembelajaran model generative. Saran yang dapat diberikan yakni, 1) Guru diharapkan menggunakan model think talk write dalam pembelajaran menulis surat pribadi untuk kepentingan resmi untuk memperoleh hasil maksimal yang sudah terbukti keefektifannya dibandingkan model generative. 2) Peneliti dibidang Bahasa Indonesia hendaknya dapat menggunakan hasil penelitian sebagai bahan referensi untuk meningkatkan ketrampilan menulis surat pribadi untuk kepentingan resmi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis, Model Think Talk Write, Model Generative
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 11 Dec 2019 14:02
Last Modified: 11 Dec 2019 14:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33762

Actions (login required)

View Item View Item